Selesai Haid Tapi Belum Mandi Wajib, Bolehkah Berhubungan Intim dengan Suami? Ini Pendapat Empat Madzhab

0
1983

BincangSyariah.Com – Umat Islam diajarkan untuk selalu dalam keadaan bersih. Terutama jika akan melakukan aktivitas yang sifatnya ibadah. Salah satu cara membersihkan sekaligus menyucikan diri agar bisa beribadah adalah dengan melakukan mandi besar, atau yang biasa disebut mandi janabah. Mandi janabah yang juga disebut mandi wajib ini hukumnya wajib bagi muslim dalam kondisi tertentu, salah satunya adalah ketika perempuan selesai haid.

Setalah mandi besar, maka perempuan itu dikatakan dengan masa suci, masa dimana perempuan tidak lagi ada larangan untuk melakukan beberapa hal yang dilarang saat haid. Salah satunya adalah berhubungan intim dengan suami.

Namun bagaimanakah jika haid itu telah selesai namun belum menunaikan mandi janabah, tapi langsung berhubungan intim dengan suami?  Bagi perempuan yang sudah berhenti atau selesai masa haidnya namun belum sempat mandi janabah, ada sedikit perbedaan di kalangan ulama Fiqih tentang boleh atau tidaknya berhubungan intim bagi perempuan tersebut.

Yang pertama adalah pendapat ulama yang membolehkan, pendapat ulama ini datang dari kalangan ulama Hanafiyah. Dalam kitab Hasyiyah Ibn Abdin dijelaskan bahwa madzhab Hanafi membolehkan perempuan haid yang sudah berhenti darah haidnya untuk berhubungan intim dengan sang suami walau belum mandi janabah, dengan syarat sudah melewati hari ke-10 sejak hari pertama haidnya. Durasi 10 hari adalah durasi maksimal haid dalam madzhab Hanafi.

Adapun pendapat yang kedua adalah pendapat yang tidak membolehkan perempuan berhubungan intim dengan suaminya, jika belum mandi besar ketika selesai dari haidnya. Dalam keterangan kitab al Mausu’ah al Fiqhiyyah al Kuwaitiyyah mengungkapkan bahwa mayoritas ulama dari madzhab Maliki, Syafi’i dan Hambali berpendapat bahwa perempuan yang bersih dari haid masih belum boleh melakukan hubungan intim selama ia belum melakukan mandi janabah.

Baca Juga :  Agar Mandi Janabah Sempurna, Lakukanlah Hal Ini

Adapun alasan pendapat yang tidak membolehkan perempuan yang belum mandi janabah ketika haidnya selesai untuk berhubungan intim dengan suaminya adalah….. selengkapnya silakan baca di BincangMuslimah.Com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here