Perempuan Haid Memakai Jimat dari Al-Quran, Apakah Boleh?

0
94

BincangSyariah.Com – Di Indonesia, banyak masyarakat muslim yang memakai jimat, baik jimat tersebut berisi ayat-ayat Al-Quran, dzikir dari Nabi Saw, maupun dzikir dari para ulama. Jimat ini tidak hanya dipakai oleh kalangan laki-laki saja, namun juga dipakai oleh kalangan perempuan. Masalahnya, jika perempuan memakai jimat yang berisi Al-Quran, apakah boleh dia memakainya di waktu haid atau dia harus mencopotnya?

Memakai jimat bagi perempuan haid hukumnya diperbolehkan, meskipun jimat tersebut berisi ayat-ayat Al-Quran. Tidak ada larangan bagi orang hadas, baik hadas kecil maupun besar, termasuk perempuan haid, untuk memakai jimat dan membawanya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Hasyiah Al-Qalyubi wa ‘Umairah berikut;

وَخَرَجَ بِهِ مَا قُصِدَ لِلتَّمِيمَةِ وَلَوْ مَعَ الْقُرْآنِ كَمَا مَرَّ, فَلا يَحْرُمُ مَسُّهَا وَلا حَمْلُهَا وَإِنْ اشْتَمَلَتْ عَلَى سُوَرٍ بَلْ قَالَ الشَّيْخُ الْخَطِيبُ: وَإِنْ اشْتَمَلَتْ عَلَى جَمِيعِ الْقُرْآنِ

Berbeda halnya ketika bertujuan untuk jimat (tamimah), meskipun disertai Al-Quran sebagaimana telah disebutkan, maka tidak diharamkan memegangnya dan membawanya meskipun memuat beberapa surah-surah Al-Quran. Bahkan Syaikh Al-Khatib mengatakan; ‘Meskipun jimat tersebut memuat keseluruhan Al-Quran.

Selain itu, dalam kitab Al-Majmu, Imam Nawawi menyebutkan perkataan Imam Malik mengenai perempuan yang memakai jimat yang berisi ayat-ayat Al-Quran. Menurut beliau, tidak masalah perempuan haid memakai jimat yang berisi ayat-ayat Al-Quran, sebagaimana juga tidak masalah jimat tersebut dikalungkan pada anak kecil, selama jimat tersebut dibungkus dengan kain, kulit hewan atau lainnya.

Dalam kitab Al-Majmu’, Imam Nawawi menyebutkan sebagai berikut;

قَالَ مَالِكٌ لَا بَأْسَ بِمَا يُعَلَّقُ عَلَى النِّسَاءِ الْحُيَّضِ وَالصِّبْيَانِ مِنْ الْقُرْآنِ إذَا جُعِلَ فِي كِنٍّ كَقَصَبَةِ حَدِيدٍ أو جلد يحرز عليه

Imam Malik berkata; Tidak masalah dengan ayat-ayat Al-Quran yang dikalungkan pada perempuan-perempuan haid dan anak-anak selama hal itu dibungkus, seperti dibungkus dengan besi, atau kulit yang bisa menjaganya.

Dengan demikian, memakai jimat bagi perempuan haid tidak masalah, diperbolehkan, meskipun jimat tersebut berisi ayat-ayat Al-Quran. Hal ini karena jimat tersebut tidak disebut Al-Quran, sehingga boleh bagi perempuan haid memakainya.

Baca Juga :  Hukum Mengeja Al-Qur’an untuk Mempermudah Pengajaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here