Nasehat Ali Bin Abi Thalib Agar Sering Mengekspresikan Kasih Sayang Pada Buah Hati dan Pasangan

0
1992

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, hubungan antara suami istri atau orangtua dan anak harus didasari oleh cinta kasih. Quraish Shihab dalam buku Untaian Permata untuk Anakku: Pesan Untuk Mempelai,menguraikan bahwa agama Islam sangat menganjurkan agar kita sering mengekspresikan kasih sayang, baik kepada pasangan, orangtua, anak, atau kakak dan adik.

Jadi cinta kasih tersebut harus diekspresikan. Hal ini berdasarkan sebuah riwayat, Ali bin Abi Thalib pernah berkata

 قبلۃ الولد رحمۃ قبلۃ المراۃ شهوۃ قبلۃ الوالدين عبادۃ وقبلۃ الاخوان دين

Artinya: Ciuman kepada anak adalah kasih sayang, ciuman kepada istri adalah kecintaan, ciuman kepada orangtua adalah ibadah, ciuman kepada saudara adalah tuntunan agama. 

Sanad riwayat kata mutiara Sayyidina Ali di atas tidak diketahui namun terdapat riwayat lain berasal dari hadis shahih yang semakna dengan ungkapan Sayyidina Ali mengenai anjuran mengekspresikan cinta kasih.

Seperti suatu ketika Nabi Saw mencium cucunya, Hasan putra Ali bin Abi Thalib. Melihat hal itu, al-Iqra bin Habis berkomentar, “Saya mempunyai sepuluh orang anak, tidak satupun di antara mereka yang saya pernah cium.” Nabi lalu bersabda….. (Selengkapnya silakan baca di BincangMuslimah.Com)

Baca Juga :  Hukum Sewa Rahim dalam Pandangan Islam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here