Bolehkah Perempuan Menggunakan Mukena Sutra Saat Shalat?

1
1328

BincangSyariah.Com – Mukena sutra bolehkah dipakai perempuan? Pada umumnya, perempuan menggunakan mukena yang terbuat dari kain katun dan sejenisnya saat shalat. Jarang dijumpai perempuan yang menggunakan mukena yang terbuat dari sutra saat shalat, kecuali hanya segelintir perempuan saja. Sebenarnya, bolehkah perempuan menggunakan mukena yang terbuat dari sutra saat shalat?

Dalam Islam, tidak ada larangan bagi perempuan untuk menggunakan pakaian yang terbuat dari sutra, baik ketika shalat maupun di luar shalat. Larangan menggunakan pakaian yang terbuat dari sutra hanya berlaku bagi laki-laki, sementara bagi perempuan dibolehkan.

Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi dari Abu Musa al-Asy’ari, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

حُرِّمَ لِبَاسُ الْحَرِيرِ وَالذَّهَبِ عَلَى ذُكُورِ أُمَّتِى وَأُحِلَّ لإِنَاثِهِمْ

Diharamkan memakai pakaian sutra dan emas bagi laki-laki dari umatku, dan dihalalkan bagi perempuan.

Hadis ini mengisyaratkan bahwa pakaian sutra hanya halal dan khusus bagi kaum perempuan, dan haram bagi laki-laki. Sehingga karena perempuan halal menggunakan pakaian sutra, maka tidak masalah baginya menggunakan mukena yang terbuat dari sutra saat shalat.

Dalam kitab Hasyiatul Bajuri, Syaikh Ibrahim Al-Bajuri menjelaskan mengenai kehalalan menggunakan pakaian sutra atau berselimut kain sutra bagi perempuan. Beliau berkata;

و يحل للنساء لبس الحرير و افتراشه و يحل للولي الباس الصبي الحرير قبل سبع سنين و بعدها أى الى البلوغ

Halal bagi perempuan menggunakan pakaian sutra dan berselimut sutra. Halal juga bagi seorang wali (orang tua) memakaikan sutra bagi anak lak-laki sebelum berumur tujuh tahun dan sesudahnya hingga baligh.

Melalui penjelasan di atas dapat diketahui bahwa perempuan menggunakan mukena yang terbuat dari sutra hukumnya boleh dan shalatnya sah. Karena tidak ada larangan bagi perempuan dalam Islam, baik ketika shalat maupun di luar shalat, untuk menggunakan pakaian sutra.

Baca Juga :  Berdosakah Kentut di Hadapan Istri?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here