Kenali Macam-macam Warna dan Sifat Darah Haid

0
8400

BincangSyariah.Com – Keluarnya darah haid merupakan pertanda balignya anak perempuan. Lalu bagaimanakah warna dan sifat darah haid menurut fikih itu? Berikut ulasannya dari KH. Muhammad Ardani bin Ahmad di dalam bukunya Risalah Haidl, Nifas, dan Istihadhah.

Warna darah haid ada lima macam. Hitam (warna yang paling kuat), merah, abu-abu (antara merah dan kuning), kuning, dan keruh (antara kuning dan keruh).

Dengan demikian, jika cairan yang keluar dari kemaluan bukan termasuk pada salah satu dari warna tersebut, maka cairan tersebut bukanlah darah haid, tetapi sama dengan kencing. Seperti cairan putih yang keluar sebelum dan sesudah haid atau karena sakit keputihan. Maka, jika keluar terus menerus, tetap diwajibkan salat, dengan cara yang akan diterangkan dalam bab istihadhah.

Adapun sifat-sifat darah (selain warnanya) ada empat macam. Kental, berbau (basin), kental sekaligus berbau, serta tidak kental dan tidak berbau.

Darah yang hitam serta kental adalah lebih kuat dibandingkan darah hitam yang tidak kental. Darah hitam yang berbau lebih kuat dibandingkan darah hitam yang tidak berbau. Darah kental yang berbau lebih kuat dibanding darah kental yang tidak berbau atau berbau tapi tidak kental. Begitulah seterusnya pada macam-macam darah yang lain.

Jika darah yang keluar ada dua macam dan sama kuatnya, seperti darah hitam encer dan merah kental, maka darah yang lebih dulu keluar adalah lebih kuat (pengetahuan tentang sifat darah ini sangat penting diketahui di dalam bab istihadhah). Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Hilangkah Pahala Puasa Asyuranya Wanita yang Tiba-Tiba Haid?


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here