Kenali Macam-macam Warna dan Sifat Darah Haid

3
14265

BincangSyariah.Com – Keluarnya darah haid merupakan pertanda balignya anak perempuan. Lalu bagaimanakah warna dan sifat darah haid menurut fikih itu? Berikut ulasannya dari KH. Muhammad Ardani bin Ahmad di dalam bukunya Risalah Haidl, Nifas, dan Istihadhah.

Warna darah haid ada lima macam. Hitam (warna yang paling kuat), merah, abu-abu (antara merah dan kuning), kuning, dan keruh (antara kuning dan keruh).

Dengan demikian, jika cairan yang keluar dari kemaluan bukan termasuk pada salah satu dari warna tersebut, maka cairan tersebut bukanlah darah haid, tetapi sama dengan kencing. Seperti cairan putih yang keluar sebelum dan sesudah haid atau karena sakit keputihan. Maka, jika keluar terus menerus, tetap diwajibkan salat, dengan cara yang akan diterangkan dalam bab istihadhah.

Adapun sifat-sifat darah (selain warnanya) ada empat macam. Kental, berbau (basin), kental sekaligus berbau, serta tidak kental dan tidak berbau.

Darah yang hitam serta kental adalah lebih kuat dibandingkan darah hitam yang tidak kental. Darah hitam yang berbau lebih kuat dibandingkan darah hitam yang tidak berbau. Darah kental yang berbau lebih kuat dibanding darah kental yang tidak berbau atau berbau tapi tidak kental. Begitulah seterusnya pada macam-macam darah yang lain.

Jika darah yang keluar ada dua macam dan sama kuatnya, seperti darah hitam encer dan merah kental, maka darah yang lebih dulu keluar adalah lebih kuat (pengetahuan tentang sifat darah ini sangat penting diketahui di dalam bab istihadhah). Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Darurat Sampah Pembalut; Yuk, Beralih ke Pembalut Ramah Lingkungan!

3 KOMENTAR

  1. Assalamu’alaikum..
    Warna keruh itu warna yang seperti apa ya? Terus katanya tanda haid bersih apabila terdapat lendir putih, putih yang bening atau putih bagaimana ya? Terimakasih Ukhti

  2. Saya udah tiga kali mandi wajib. Tapi masih ada seperti warnadarah yg keluar. Yaitu warna cokelat. Apakah itu darah haid? Lalu apakah puasa saya batal karena saya tidak mandi wajib lgi karena menurut saya itu hanyalah keputihan yang berwarna cokelat?

  3. Assalamualaikum.
    Mau nanya saya kn malam keluar flek coklat terus paginya keluar darah haid.saya tetep sholat karna saya fikir itu keputihan….
    Pertanyaannya flek itu termasuk sudAh masuk haid ap tidak ya?trus dosakah saya melaksanakan sholat itu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here