Hukuman Bersetubuh Saat Istri Haid

32
71666

BincangSyariah.Com – Menjimak istri saat sedang haid merupakan perbuatan haram yang dilarang dalam Islam. Ulama berbeda pendapat apakah haram di sini termasuk dosa besar atau dosa kecil. Menurut ulama mazhab syafi’i, menjimak istri saat haid itu termasuk dosa besar, sebagaimana disebutkan dalam kitab Hasyiah al-‘Abbadi demikian:

قَالَ فِي الْعُبَابِ وَالْوَطْءُ مِنْ عَامِدٍ عَالِمٍ مُخْتَارٍ كَبِيرَةٌ يَكْفُرُ مُسْتَحِلُّهُ

Artinya: penulis kitab al-‘Ubab mengatakan, menjimak (istri yang sedang haid) dengan sengaja, mengetahui (keharamannya), dan kehendak sendiri itu termasuk dosa besar, dan yang menganggapnya halal itu dapat menjadi kafir.

Bagi suami yang sudah tidak tahan berhubungan badan dengan istri, padahal istrinya sedang haid, maka ulama mazhab syafi’i memberi solusi. Dengan catatan, apabila hasratnya tidak terpenuhi saat itu juga suami itu dikhawatirkan terjatuh dalam perbuatan zina. Solusi tersebut itu dijelaskan dalam kitab Hasyiah al-‘Abbadi:

لَوْ خَافَ الزِّنَا إنْ لَمْ يَطَأْ لْحَائِضَ بِأَنْ تَعَيَّنَ وَطْؤُهَا لِدَفْعِهِ جَازَ لِأَنَّهُ يَرْتَكِبُ أَخَفَّ الْمَفْسَدَتَيْنِ لِدَفْعِ أَشَدِّهِمَا بَلْ يَنْبَغِي وُجُوبُهُ وَقِيَاسُ ذَلِكَ حِلُّ اسْتِمْنَائِهِ بِيَدِهِ تَعَيَّنَ لِدَفْعِ الزِّنَا

Artinya: seandainya suami takut melakukan zina apabila tidak bisa menggauli istrinya yang sedang haid, yang mana tidak ada pilihan lain selain menggaulinya, maka hal tersebut boleh. Hal ini karena menimbang mafsadat yang paling ringan untuk menghindar mafsadat terberat. Bahkan, seyogianya menjimak istri yang haid dalam keadaan di atas itu menjadi wajib. Analoginya, onani dengan menggunakan tangan sendiri itu juga halal untuk menghindari zina.

Namun demikian, jika orientasinya hanya memenuhi hasrat dengan mengeluarkan mani, suami boleh meminta istrinya untuk melakukan oral seks jika istri bersedia. Hal ini karena dalam istilah fikih semua jenis istimta’ (bercumbu) dengan istri saat haid itu diperbolehkan, kecuali jimak atau hubungan badan.

Baca Juga :  Agar Rumah Tangga Harmonis, Ikuti Lima Tips dari Rasulullah Ini

Sekalipun menggunakan kondom, berhubungan badan saat istri sedang haid tetap haram atau termasuk dosa besar. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Tuhfatul Muhtaj:

 يَحْرُمُ (مَا بَيْنَ سُرَّتِهَا وَرُكْبَتِهَا) إجْمَاعًا فِي الْوَطْءِ وَلَوْ بِحَائِلٍ

Artinya: haram melakukan apa pun di antara pusar dan dengkul istri yang menjerumuskan sampai hubungan badan, walaupun menggunakan penghalang (kondom).

Berbeda dengan mazhab Syafi’i, ulama mazhab Hanbali menganggap hubungan badan saat istri haid termasuk dosa kecil, bukan dosa besar sebagaimana pendapat ulama mazhab Syafi’i. Namun demikian, sebagian ulama mazhab Hanbali mewajibkan bayar kifarat bagi pasangan yang melakukan hubungan intim suami-istri sebagaimana disebutkan dalam kitab al-Mubdi’ fi Syarh al-Muqni’:

الْوَطْءُ فِي الْحَيْضِ لَيْسَ بِكَبِيرَةٍ خِلَافًا لِلشَّافِعِيِّ، وَإِنَّمَا شُرِعَتِ الْكَفَّارَةُ زَجْرًا عَنْ مُعَاوَدَتِهِ، وَلِهَذَا أَغْنَى وُجُوبُهَا عَنِ التَّعْزِيرِ فِي وَجْهٍ

Artinya: menjimak (istri) yang sedang haid itu bukan dosa besar, yang berbeda dengan pendapat Imam Syafi’i. Pembayaran kifarat disyariatkan agar pelakunya tidak mengulangi perbuatan haram ini. Oleh karena itu, kewajiban bayar kifarat merupakan bentuk takzir (pada pelakunya) menurut salah satu pendapat.

Mengenai pria yang menjimak istrinya saat sedang haid, terdapat katerangan di dalam kitab Musnad Abu Ya’la yang diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas yang mendengar Rasulullah Saw. bersabda:

إِنْ كَانَ دَمًا عَبِيطًا فَلْيَتَصَدَّقْ بِدِينَارٍ، وَإِنْ كَانَ فِيهِ صُفْرَةٌ فَنِصْفُ دِينَارٍ

Artinya: apabila darah haid masih kental (karena masih di awal masa haid), maka bersedekahlah dengan satu dinar. Apabila warna darah sudah berwarna kekuning-kuningan, maka bersedekahlah dengan setengah dinar.

Sebagian ulama mazhab Hanbali mewajibkan bayar kifarat dengan satu dinar saat istrinya yang haid itu baru masuk di masa awal haid, sehingga darahnya masih kental dan merah. Namun, apabila sudah hampir berhenti darah haidnya, maka cukup bayar setengah dinar. Satu dinar saat ini dapat disamakan dengan empat seperempat gram emas. Namun demikian, bayar kifarat seperti ini hanya sunah menurut mazhab Syafi’i, namun perbuatannya dikategorikan dosa besar. Wallahu a’lam bis shawab.

32 KOMENTAR

  1. Assalamualaikum, selamat sore. Mohon izin bertanya, kalau kita berhubungan intim dengan istri saat istri sedang haid, tetapi kita tidak tahu (benar-benar tidak tahu) kalau itu tidak diperbolehkan bahkan dilarang dan hukumnya haram. Apakah kita harus membayar kifarat? Jika iya, berapa banyak yg harus kita bayar? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

  2. Assalamualaikum..
    Bagaimana hukumnya, klo kita berhubungan intim dengan istri, ketika blm berhubungan istri bersih, tapii saat melakukan tiba” istri haid.

    • Kalau biasanya istri haid 7 hari, kemudian melakukan hubungan suami-istri di hari ke-8, dan dia keluar darah lagi, itu tidak apa-apa. Tapi darah itu masih terhitung darah haid.

  3. assalmualaikum mau tanya kalau sudah suci bersih keluar lendir putih pada hari ke 7 pagi soalnya hari ke 6 pagi masih keluar sore menunggu sampek pagi baru mandi terus 7 malam melakukan hubungan sama suami ternyata hari ke delapan asar keluar terus maghrib isya gak keluar hari ke 8 malam jam 23.30 keluar lagi sampek jam 01.30 pagi eh gak keluar lagi tapi jam 05 keluar lg siang gak keluar lagi bagaimana hukumnya apakah saya berdosa

  4. Baru keluar mens hari sabtu tapi suami sudah mengajak hubungan bdan hari rabu, saat itu mensnya masih ada flek2.
    Kalau seperti itu hukumnya gimana ya?karena suami tinggal diluar jawa, bertemu selalu saat datang bulan. Jadi saya suka kasian pada suami. Tolong penjelasannya terima kasih..

    • Sama saya juga sepereti itu. Suami kerja diluar kota. Pas suami plng. Aq msh blm suci.. N dapat 4hari darah sudah tidak keluar. Apa lg suami mau blik krja lgi.. Sya gk tega jadi melakukan hubungan. Tiba2 keluar lg darah dikit.. Itu hukumx gmna ya

  5. assalamu alaikum sy mau bertanya kalau hari ke 9 siangx haidx selesai trus malam berhubungan tapi pas setelah berhubungan keluar darah itu termasuk darah haid atau gimna ..mohon penjelasannya…terima kasih

  6. assalamu alaikum sy mau bertanya kalau hari ke 9 siangx haidx selesai trus malam berhubungan tapi pas setelah berhubungan keluar darah itu termasuk darah haid atau gimna ..mohon penjelasannya…terima kasih

  7. sabar lah klo mw berhubungan intim jgn egois jd laki2..
    klo lu nunggu gajian aj sabar ms nunggu istri bener2 clcai haid gk sabar..

  8. Istri saya haid tidak normal bisa sampai 2 bulan . Dan tidak teratur . Tidak tahu kapan tepatnya berhenti haid atau mulai haid . Lalu saya harus gmna ust 🙁 ?

    • termasuk darah istihadhah itu… haid maksimal 14 hari saja.. kalau lebih dari itu dianggap bukan haid. halal untuk berhubungan. tapi sebaiknya konsultasi dokter kandungan karena siklus haid istri tidak normal.

  9. Istri saya haid tidak normal bisa sampai 2 bulan . Dan tidak teratur . Tidak tahu kapan tepatnya berhenti haid atau mulai haid . Lalu saya harus gmna ust 🙁 ?

  10. Asslammualaikum.
    Bagai mana jika sang suami melkukan persetubuhan dengan istri yg haidnya hampir sslesaia .
    Dan sang suami tidak tau hukumnya haram .
    Terimakasih

  11. Assalamualaikum..
    Saya mau tanya us.. Saya dan suami berhubungan intim di siang hari.. Dan kami sebelumnya tidak tau hukumnya.. Apakah kami harus membayar kifarah?

    Lalu hari ini saya sudah tau, tapi suami saya belum.. Saya di ajak lagi
    Tidak enak untuk menolak.. Bagaimana hukumnya?

  12. mau tanya ustadz, istri sy sudah selesai haid nya cm blm mandi junub, gmn hukumnya klo saya setubuhi ?
    terimakasih.

  13. Adsalamualaikum us,,saya dan istri jauhan kadang pas lagi gak bisa tahan saya vcll sama istri ttus minta istri untuk memuaskan lewat vcll tapi,istri bilang lagi haid..tapi bener” gak bisa tahan akhirnya istri tidak menolak..itu hukumnya gimana ya ustad,,kami melakukan tanpa bersentuhan .?

  14. Assalamualaikum ustadz , bagaimana hukumnya istri saya sedang haid bersetubuh dengan saya , istri saya menolak tapi saya memaksanya gimana ??

  15. Aslmualaikum mw tanya istri saya sedang haid saya tau kalo bersetubuh itu dosa besar
    Tapi istri saya suka maksa kepengen gimana sarannya yg baik

  16. Assalamualaikum ustad.
    Istri saya setelah menggunakan kb susuk. Haid nya tidak beraturan hampir 3 bulan lebih. Kalau berhubungan badan hukumnya apa. Toloooong banget dijawab. Terimakasih

  17. Assalamualaikum suami saya sering mnta hubungan intim tiap mlm sampai lgi haid jg msih mnta klu di tolak kdang marah jdi saya merasa takut salah tkut dosa klu tolak kemauan suami itu gmn ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here