Hukum Wanita Haid Mendengarkan Al-Quran

0
17

BincangSyariah.Com – Di antara larangan bagi wanita haid adalah membaca dan memegang Al-Quran. Para ulama menyebutkan dalam kitab-kitab meraka bahwa haram bagi wanita haid sengaja membaca Al-Quran. Namun bagaimana jika wanita haid mendengarkan Al-Quran dari radio, televisi, dan sebagainya, apakah hal itu dilarang juga?

Menyimak bacaan Al-Quran bagi wanita yang sedang haid hukumnya adalah boleh, tidak haram. Wanita yang sedang haid tidak masalah mendengarkan bacaan Al-Quran, baik mendengarkan secara langsung dari orang lain yang sedang membaca Al-Quran atau mendengarkan melalui radio, televisi, hp dan lainnya.

Hal ini karena yang dilarang bagi wanita haid adalah sengaja membaca dan memegang Al-Quran, sementara mendengarkan bacaan Al-Quran tidak dilarang. Keharaman sengaja membaca Al-Quran sudah ditegaskan oleh Nabi Saw melalui hadis riwayat Imam Al-Daruquthni dari Ibnu Umar berikut;

لَا تَقْرَأُ الحَائِضُ وَلَا اْلجُنُبُ شَيْئاً مِنَ القُرْآن

Tidak boleh wanita haid dan orang yang dalam keadaan junub membaca ayat Al-Quran.

Adapun kebolehan wanita haid mendengarkan Al-Quran sebagaimana disebutkan dalam Darul Ifta’ Al-Mishriyah berikut;

السؤال :هل يجوز سماع القرآن عن طريق المسجل أو التلفاز أو غير ذلك في حالة الحيض؟

الجواب: يجوز للحائض والجنب أن يسمعا القرآن من الأشخاص والراديو والمسجل والتلفاز وغير ذلك؛ لأن المحرَّم في حالة الحيض والجنابة هو قراءة القرآن وليس سماعه، فقد كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يقرأ القرآن وتسمعه عائشة رضي الله عنها وهي حائض -كما ورد في صحيحي البخاري وابن حبان

Pertanyaan: Apakah mendengarkan bacaan Al-Quran melalui hp, atau televisi, atau lainnya pada saat sedang haid?

Jawabannya: Boleh bagi wanita yang sedang haid dan orang yang sedang junub untuk menyimak bacaan Al-Quran dari orang lain, radio, hp, televisi, dan lainnya. Hal ini karena yang diharamkan pada saat haid dan junub adalah membaca Al-Quran, bukan mendengarkan bacaan Al-Quran.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah Saw membaca Al-Quran dan Aisyah mendengarkan bacaan Al-Quran Rasulullah Saw tersebut, padahal dia dalam keadaan sedang haid. Ini sebagaimana hadis yang disebutkan dalam kitab Shahih Al-Bukhari dan Shahih Ibnu Hibban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here