Hukum Wanita Haid Membaca Al-Quran dalam Hati

0
15

BincangSyariah.Com – Dalam sebuah kesempatan pernah ada seseorang yang bertanya mengenai hukum wanita yang sedang haid membaca Al-Quran dalam hati, tanpa menggerakkan bibir dan mulut. Bolehkah wanita haid membaca Al-Quran dalam hati? (Baca: Mengapa Wanita Haid Wajib Qadha Puasa Tapi Shalat Tidak?)

Menurut para ulama, membaca Al-Quran dalam hati bagi wanita yang sedang haid hukumnya adalah boleh. Tidak masalah bagi wanita yang sedang haid membaca Al-Quran dalam hatinya, tanpa menggerakkan bibir dan mengeluarkan lafadz Al-Quran dengan lisannya.

Dalam kitab Al-Majmu’, Imam Nawawi mengatakan bahwa tidak ada perbedaan pendapat di kalangan para ulama mengenai kebolehan membaca Al-Quran di dalam hati bagi wanita yang sedang haid ini. Beliau berkata sebagai berikut;

يجوز للجنب والحائض النظر في المصحف ، وقراءته بالقلب دون حركة اللسان ، وهذا لا خلاف فيه

Boleh bagi orang yang sedang junub atau sedang haid melihat mushaf, dan membaca mushaf dengan hati tanpa menggerakkan lisan. Ini tidak ada perbedaan pendapat di kalangan para ulama.

Adapun yang tidak boleh bagi wanita yang sedang haid adalah membaca Al-Quran melalui lisan hingga menggerakkan bibir dan mengeluarkan lafadz. Jika sampai menggerakkan bibir dan mengeluarkan lafadz Al-Quran, maka hukumnya haram. (Baca: Hukum Sujud Syukur bagi Wanita Haid dan Nifas)

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Hasyiah Al-Bujairimi ‘ala Al-Iqna’ berikut;

وَالثَّالِثُ قِرَاءَةُ شَيْءٍ مِنْ الْقُرْآنِ بِاللَّفْظِ أَوْ بِالْإِشَارَةِ مِنْ الْأَخْرَسِ كَمَا قَالَ الْقَاضِي فِي فَتَاوِيهِ ، فَإِنَّهَا مُنَزَّلَةٌ مَنْزِلَةَ النُّطْقِ هُنَا وَلَوْ بَعْضَ آيَةٍ لِلْإِخْلَالِ بِالتَّعْظِيمِ ..لِحَدِيثِ التِّرْمِذِيِّ وَغَيْرِهِ :لَا يَقْرَأْ الْجُنُبُ وَلَا الْحَائِضُ شَيْئًا مِنْ الْقُرْآنِ

Yang ketiga adalah membaca Al-Quran dengan menggunakan lafadz atau isyarah bagi orang yang bisu, sebagaimana dikatakan oleh Al-Qadhi dalam kitab Fatawi-nya. Hal ini karena isyarah orang bisu disamakan dengan ucapan dalam masalah ini, meskipun membaca sebagian ayat karena hal itu merusak pengagungan terhadap Al-Quran. Ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Al-Tirmidzi dan lainnya: Tidak boleh wanita haid dan orang yang dalam keadaan junub membaca ayat Al-Quran. Wallahu a’lam bis shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here