Hukum Memakai Susuk Untuk Kecantikan

0
21

BincangSyariah.Com – Di Indonesia, masih banyak sebagian masyarakat yang menggunakan susuk untuk tujuan tertentu, seperti untuk menunda kehamilan, untuk obat dari suatu penyakit, untuk menambah stamina kekuatan, bahkan ada juga yang memakai susuk untuk kecantikan. Sebenarnya, bagaimana hukum memakai susuk untuk tujuan menambah aura kecantikan? (Baca: Hukum Memakai Susuk Agar Tidak Hamil, Apakah Boleh?)

Memakai susuk untuk tujuan kecantikan hukumnya diperbolehkan, baik susuk tersebut terbuat dari bahan emas, logam atau lainnya. Selama tidak membahayakan pada akal dan tubuh, juga tidak bertentangan dengan ketentuan-ketentuan syariat, maka boleh bagi perempuan memakai susuk untuk tujuan menambah aura kecantikan, sebagaimana dia boleh memakai make up atau sejenisnya untuk tujuan yang sama.

Bahkan juga boleh memakai susuk untuk tujuan yang lain, seperti untuk mahabbah atau menarik perhatian lawan jenis,  agar tubuh lebih kuat dan sehat, dan untuk obat lainnya. Terdapat berbagai macam fungsi susuk. Selama tidak membahayakan bagi tubuh dan akal, maka memakai susuk termasuk perkara yang diperbolehkan.

Oleh karena itu, jika perempuan memakai susuk untuk mahabbah atau menarik perhatian lawan jenis, atau untuk menambah aura kecantikan, maka hukumnya boleh, baik terbuat dari bahan dasar emas atau lainnya.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh KH. Thoifur Ali Wafa dalam kitab Bulghatut Thullab berikut;

غرز إبرة الذهب أو الفضة في جلد الرجل كما هو معروف في بعض البلدان للتداوي وللقوة أو لغير ذلك جائز لأنه لا يعد لبسا ولأنها مستورة وليس هذا من الوشم لاستتارها ولعدم ظهورها دم فيهـ

Jarum emas atau perak ditanam di kulit seorang laki-laki sebagaimana yang biasa diketahui masyarakat di sebagian negara untuk berobat, supaya kuat atau dengan tujuan lain hukumnya boleh karena tidak dianggap memakai, dan benda tersebut tertutup. Hal ini juga tidak diklasifikasikan sebagai tato karena tertutup dan tidak sampai  mengeluarkan darah di sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here