Hukum Eyelash Extension dalam Islam

4
37195

BincangSyariah.Com – Naluri alami pada diri manusia adalah ingin selalu terlihat menarik di hadapan orang lain. Salah satunya memiliki bulu mata yang indah dan menawan. Tidak sedikit wanita yang menghabiskan waktu dan biaya untuk dapat memiliki bulu mata yang panjang dan lentik. Trend yang saat ini sangat digemari oleh para wanita adalah menyambung bulu mata atau yang lebih dikenal dengan eyelash extension.

Eyelash extension adalah perawatan yang bertujuan untuk memperpanjang, mempertebal dan memperlentik bulu mata. Metode yang digunakan adalah dengan extention atau menyambungkan. penggunaannya ialah dengan memasangkan bulu mata satu persatu dengan menggunakan lem khusus bulu mata.

Setelah penggunaan eyelash extension ini, dijamin bulu mata kita akan terlihat lebih indah dan menawan. Namun, apakah hasil ini tidak menimbulkan efek samping?

Ternyata, penggunaan ini tidak selamanya menghasilkan sesuatu yang indah. Beberapa orang justru mengalami resiko seperti iritasi, alergi, bulu mata rontok bahkan mata membengkak dan kerusakan permanen pada kulit kelopak mata.

Selain itu, ditinjau dari hukum Islam. Penggunaan bulu mata ini juga dilarang oleh agama. Hal ini sebagaimana disabdakan Nabi saw:

لَعَنَ اللهُ الْوَاصِلَةَ وَالْمُسْتَوْصِلَةَ

“Allah melaknat Al-washilah (orang yang menyambung rambut) dan Al-mustaushilah (orang yang minta disambungkan rambutnya).” (HR. Bukhori dan Muslim)

Dalam Syarh Shahih Muslim, Imam Nawawi menjelaskan hadis di atas dengan mengatakan bahwa “al-Washilah adalah orang yang berprofesi menyambung rambut seorang wanita dengan rambut lainnya. Sedangkan al-Mustaushilah adalah wanita yang meminta orang lain menyambungkan rambutnya. Hadis ini secara tegas menunjukkan haramnya menyambung rambut, dan laknat bagi wanita yang berprofesi menyambung rambut dan konsumen yang disambung rambutnya secara mutlak. Inilah pendapat yang paling kuat.”

Dari penjelasan di atas, maka tanam bulu mata atau eyelash extension haram hukumnya karena ia termasuk menyambung bulu mata asli dengan bulu mata palsu. Ditinjau dari segi medispun, eyelash extension juga tidak disarankan sebab resiko yang mungkin ditimbulkan dari pemakaian yang berkelanjutan. Hal ini termasuk hal yang membahayakan diri sendiri dan hal tersebut dilarang oleh syari’at. Wallahu A’lam bis Shawab…

Baca Juga :  Humor: Menceraikan Lima Orang Wanita dalam Sehari

4 KOMENTAR

  1. Hi bapak..

    Saya sebagai yang awam disini mau bertanya mengenai eyelash extension.. sbelumnya mungkin agar tidak salah persepsi sy jelasin dulu eyelash extention yang sy maksud (bukan tanam bulu mata, dan bukan permanen)

    APAKAH PROSESNYA MENYAKITKAN?

    Proses pemasangan eyelash extension yang baik dan benar tidak akan terasa menyakitkan sama sekali. Durasi proses eyelash extension biasanya memakan waktu satu setengah hingga tiga jam. Namun, kenyamanan tetap menjadi faktor utama, seperti disediakannya fasilitas tempat tidur ergonomis dan atmosfer ruang yang memberikan efek rileksasi.

    APA SAJA CIRI-CIRI PROSES EYELASH EXTENSION YANG SALAH?

    Terasa perih / merah / berair, biasa disebabkan karena mata terkena hawa dari cairan perekat (glue / adhesive).

    Terasa sakit / menusuk / mengganjal, biasa dikarenakan penempelan eyelash langsung ke kulit. Atau bisa juga karena tertempel diantara bulu mata yang bersebelahan, sehingga menyebabkan efek lengket.

    APAKAH EYELASH EXTENSION MENGGUNAKAN BAHAN YANG BERASAL DARI HEWAN?

    Bahan dari eyelash extension yang ada di industri sangat beragam. Ada yang berasal dari bahan artifisial/buatan, ada juga yang berasal dari bulu hewan maupun manusia. Dalam hal ini, bulu artifisial/buatan adalah jenis terbaik untuk eyelash extension. Faktanya, bulu hewan maupun manusia cenderung tidak higienis dan menyebabkan alergi. Selain itu, bulu mata artifisial lebih tahan lama dan beragam.

    APAKAH EYELASH EXTENSION MENGHALANGI AIR WUDHU UNTUK MENYENTUH KULIT?

    Eyelash extension tidak akan menghalangi air wudhu menyentuh kulit wajah. Aplikasi bulu mata sintetis akan dipasangkan dengan jarak kurang lebih 1mm dari kulit. Dengan aplikasi jarak seperti ini, air akan tetap mengalir mengenai kulit tanpa terhalang eyelash extension.

    APAKAH EYELASH EXTENSION AKAN LEBIH AWET JIKA JARANG TERKENA AIR?

    Faktanya, tidak terbukti. Justru dengan membersihkan area mata secara rutin, maka hasil sambung bulu mata akan semakin awet dan memudahkan proses retouch. Awet atau tidaknya eyelash extension lebih dipengaruhi oleh faktor pada saat pemasangan. Bukan kegiatan setelah pemasangan.

    APAKAH EYELASH EXTENSION HARAM ?

    Kami disini tidak berkapasitas melabelkan halal atau haramnya suatu hal. Namun, kami hanya meluruskan fakta dari sejumlah persepsi seputar eyelash extension. Salah satunya, persepsi salah seputar eyelash extension yang dikatakan haram.

    APA SAJA PERSEPSI MIRING TERSEBUT ?

    Merugikan kesehatan mata dan area sekitar.

    Seperti yang sudah dijelaskan. Pengerjaan eyelash extension yang benar dan sesuai standarisasi sama sekali tidak membahayakan kesehatan bulu mata dan area mata.

    Menghalangi air wudhu dalam membasuh kulit.

    Aplikasi eyelash extension tidak akan menghalangi air wudhu dalam membasuh kulit karena bulu mata sintetis dipasang berjarak 1mm dari kulit.

    Adanya larangan area bulu mata tidak boleh dibasuh air dengan jangka waktu tertentu.

    Salon eyelash extension yang berkualitas menggunakan perekat/lem khusus yang bersifat waterproof. Dengan kata lain, diperbolehkan terkena air setelah pemasangan.

    Menggunakan bahan yang bersifat haram.

    Merubah penampilan dan bersifat permanen.

    Eyelash extension tidak jauh berbeda dengan makeup yang hanya bersifat sementara. Setiap helai bulu mata akan terlepas dengan sendirinya dan biasanya hanya bertahan kurang lebih 4 sampai 5 minggu dari pemasangan awal.

    APAKAH EYELASH EXTENSION SAMA DENGAN EYELASH IMPLANT?

    Eyelash implant adalah metode surgical transplantasi akar rambut (yang biasanya menggunakan rambut pasien itu sendiri) untuk pengisian bulu mata yang jarang. Dimana keahlian seorang dokter speasialis diperlukan. Sedangkan, eyelash extension lebih ke arah kecantikan.

    nah, dengan adanya fakta demikian.. apakah masih haram untuk eyelash extention ini?

    Mohon pencerahannya 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here