Empat Faktor Munculnya Tradisi Khitan Perempuan

0
1445

BincangSyariah.Com – Khitan pada perempuan cukup menuai banyak kontroversi dalam dunia Islam dan juga kesehatan. Tapi tahukah Anda, bahwa ada banyak faktor yang bisa menyebabkan timbulnya praktek khitan pada perempuan. Seperti itulah yang dipaparkan Haifaa A Jawad dalam The Right of Women in Islam. Namun secara garis besar ada empat faktor yang mempengaruhi munculnya khitan perempuan.

Pertama, mitos. Mungkin tidak semua orang setuju jika perempuan adalah sumber godaan syahwat bagi kaum laki-laki. Namun seperti itulah mitos yang beredar, sehingga jika bagian klitoris disirkumsisi (khitan) maka akan dapat menurunkan kadar libodo perempuan. Dengan kondisi yang demikian, maka perempuan tidak lagi memiliki nafsu birahi yang berlebihan untuk menggoda kaum laki-laki. Karena tugas perempuan kala itu adalah hanya melayani seksual laki-laki, tidak untuk merasakan kenikmatan.

Kedua, budaya sosial. Praktek khitan perempuan ini menentukan diterima atau tidaknya seorang perempuan secara sosial di tengah masyarakat. Perempuan bisa menjaga nama baik dan mengasah kemampuannya untuk menjaga kesuciannya hingga perkawinan pada umumnya mesti dijamin dengan khitan tersebut.

Bahkan dalam karya N El Sadawi, The Hidden face of Eve: Women in Arab Worl mengungkapkan bahwa perempuan yang tidak dikhitan akan terus dipergunjingkan dan diklaim sebagai perempuan yang liar dan pembawa sial. Oleh karena itu praktik khitan pada perempuan sangat memperngaruhi sosial, yang demikian untuk menjamin ketenangan dan jaminan pernikahannya kelak….. selengkapnya simak di BincangMuslimah.Com

Baca Juga :  Hikmah Pagi: Wanita Yang Allah Respon Langsung Pengaduannya (1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here