Cara Wudu dan Salat saat Istihadhah

13
10765

BincangSyariah.Com – Istihadah adalah salah satu jenis darah penyakit yang keluar dari rahim seorang perempuan pada waktu selain haid dan nifas. Pada kondisi istihadhah perempuan tetap wajib melakukan hal-hal yang diharamkan bagi wanita haid dan nifas. Lalu bagaimana cara wudu dan salat saat Istihadhah? Apakah sama seperti biasa?

Di dalam kitab-kitab fiqh seperti Fathul Wahhab karya imam Zakariya Al Anshari menyebutkan bahwa istihadhah ini dihukumi seperti orang yang sedang mengalami beser (salis) atau orang yang mengalami hadas terus menerus (daimul hadas).

Sehingga ia harus membersihkan dan menyumbat kemaluannya serta berwudlu setiap akan melaksanakan shalat fardlu. Dan aktifitas tersebut dilakukan ketika sudah masuk waktunya shalat, tidak boleh dilakukan sebelum masuknya waktu shalat.

Adapun niat wudlu bagi perempuan istihadhah adalah seperti niatnya orang yang akan melakukan tayammum. Artinya ia harus niat dibolehkannya melaksanakan shalat (lis tibahatis shalat), bukan niat menghilangkan hadas kecil (raf’il hadasil asghar), karena pada kenyatannya ia mengeluarkan hadas (darah istihadhah) terus menerus. Oleh karena itu niatnya wudlu perempuan yang istihadhah adalah

نَوَيْتُ فَرْضَ الْوُضُوْءِ لاِسْتِبَاحَة الصَّلاَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu Fardhal Wudhu’i lis tibahatis salati lillahi ta’ala

Artinya; Aku niat fardlunya wudlu untuk diperbolehkannya shalat karena Allah Ta’ala.

Niat wudlu ini hanya berlaku untuk melaksanakan satu shalat fardlu saja atau beberapa shalat sunnah. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Mengenal Ulama Hadis Perempuan dari Kalangan Tabiin yang Zuhud; Hafshah binti Sirin


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

13 KOMENTAR

  1. Bagaimana klo slma ni saya niat wudhunya seperti biasa padahal saya istihadah . Bagaimana sah kah ..?klo tdk bgaimna shlat saya slma ni

    • Orang yang tidak tahu itu tidak ada hukumnya alias dimaafkan. oleh karena mbak eka sekarang sudah tahu, maka nanti diamalkan ya…semoga bermanfaat. aamiin.

      • Saya kan pernah istihadoh dibulan puasa tapi saya gk tau kalo itu harus diganti.berarti saya juga dimaafkan seperti mb yang niat gk sesuai?

  2. Bolehkah sekali wuduk tu untuk beberapa solat contohnya solat tgh malam, tahajud, taubat, hajat, witir?
    Wuduk bg tawaf, boleh tak juga kerjakan sunat tawaf & sunat2 lain?

  3. Untuk wanita yg musafir sedang dia dalam istihadah, jika dia hendak menjamakkan solat wajibnya, bagaimana harus wuduknya? Perlukah dia berwuduk sekali lagi selepas solat pertama sebelum sambung dgn solat kedua?

  4. Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh,,aq mw nanya,,, apakah dikatakan istihadah,orang yg sudah melaksanakan mandi wajib,,,setelah 3 hari kmudian aq mengeluarkan lendir yg bercampur dg darah,,bagaimana itu hukumnya,,??mohon penjelasannya,,, jazqkumullah khairan katsiiraa,, wassalaamu’Alaikum warohmatullahi wabarokatuh,,

  5. Saya kan pernah istihadoh dibulan puasa tapi saya gk tau kalo itu harus diganti.berarti saya juga dimaafkan seperti mb yang niat gk sesuai?

  6. Batas darah istihadoh itu bsrapa hari ya??? Kalo batas darah haid kan pling bnyak 15 hari apakah klo istihadoh tidak ada batasnya???

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here