Bolehkah Bersetubuh dengan Istri yang Sedang Istihadhah?

0
532

BincangSyariah.Com – Sudah maklum bersama bahwa dalam Islam, bersetubuh dengan istri yang sedang haid hukumnya haram. Bahkan tidak boleh bercumbu dengan istri yang sedang haid di bagian tubuh antara pusar dan lutut. Di luar bagian tubuh tersebut, suami dibolehkan bersenang-senang dengan istrinya. Lantas bagaimana hukum bersetubuh dengan istri yang sedang istihadhah, apakah dilarang sebagaimana saat haid?

Kebanyakan ulama berpendapat bahwa bersetubuh dengan istri yang sedang istihadhah hukumnya boleh secara mutlak. Tidak ada larangan maupun kemakruhan dalam masalah ini. Hal ini karena istri yang sedang istihadhah dihukumi dalam keadaan suci. Ia wajib melaksanakan shalat dan kewajiban lainnya, boleh membaca Alquran, dan tentu boleh bersetubuh dengan suaminya dan sebaliknya.

Imam Ibnu Hajar Al-Haitami mengatakan dalam kitab Alfatawa Alfiqhiyah Alkubro sebagai berikut;

يَجُوزُ عِنْدَنَا وَطْءُ الْمُسْتَحَاضَةِ في الزَّمَنِ الْمَحْكُومِ بِأَنَّهُ طُهْرٌ وَإِنْ كان الدَّمُ جَارِيًا وَهَذَا لَا خِلَافَ فيه عِنْدَنَا

“Boleh menurut kami bersetubuh dengan istri yang sedang istihadhah dalam masa di mana ia dihukumi suci meskipun darahnya masih mengalir. Ini tidak ada perbedaan pendapat di kalangan ulama kami.”

 

Dalam kitab Mughnil Muhtaj juga disebutkan;

ويجوز وطء المستحاضة في الزمن المحكوم عليه بأنه طهر ولا كراهة في ذلك وإن كان الدم جاريا

“Boleh bersetubuh dengan istri dalam kondisi sedang istihadhah di masa ia dihukumi dalam keadaan suci dan hal demikian tidaklah makruh meskipun darahnya sedang mengalir.”

 

Salah satu dalil yang dijadikan dasar kebolehan ini adalah surah Albaqarah ayat 222. Dalam ayat ini, Allah hanya melarang melakukan persetubuhan dengan istri yang sedang haid. Adapun istihadhah tidak disebutkan padahal di zama Nabi Saw juga banyak wanita yang mengalami istihadhah, namun tidak ada larangan dari Allah dan RasulNya untuk bersetubuh dengan mereka.

Baca Juga :  Bolehkah Istri Menafkahi Suami?

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here