Biografi Ruqayyah; Putri Rasulullah dan Istri Usman bin ‘Affan

0
973

BincangSyariah.Com- Ruqayyah adalah putri kedua Rasulullah saw. yang lahir dari rahim Khadijah binti Khuwailid. Ruqayyah lahir dan tumbuh pada zaman Jahiliyyah. Setelah menginjak dewasa, ia menikah dengan sepupu Rasulullah saw., yakni Utbah bin Abu Lahab bin Abdullah.

Ketika Rasulullah saw. diangkat menjadi utusan Allah swt. dan Abu Lahab menentang apa yang dibawa oleh beliau, bahkan memusuhi dan menghina Rasulullah saw., maka turunlah surah Al-Lahab Tabbat yadaa Abii Lahabi “Celakalah tangan Abu Lahab” yang berisikan mengecam segala tindakan yang dilakukan oleh Abu Lahab dan istrinya.

Abu Lahab pun bertambah marah, lalu ia memerintahkan putranya (Utbah) untuk menceraikan istrinya; Ruqayyah. Utbah pun menuruti perintah ayahnya dengan seketika menceraikan Ruqayyah.

Saat ayahnya diutus menjadi Nabi/utusan Allah swt., Ruqayyah langsung masuk Islam mengikuti jejak ibunya yang masuk Islam terlebih dahulu. Kemudian Ruqayyah menikah dengan Usman bin ‘Affan. Ia pun ikut hijrah dua kali ke Habasyah bersama suaminya. Kemudian mereka berdua juga ikut hijrah ke Madinah dan menetap di sana.

Mereka pun dikaruniai anak yang bernama Abdullah. Oleh karena itu, Usman diberi kunyah Abu Abdillah atau bapaknya Abdullah. Namun, Abdullah meninggal dunia ketika ia berumur enam tahun setelah wajahnya membengkak akibat dipatuk ayam jantan.

Sebelum umat Muslim berangkat menuju perang Badr, Ruqayyah jatuh sakit, sehingga Rasulullah saw. melarang Usman bin Affan untuk ikut perang dan mengutusnya untuk menjaga istrinya tersebut.

Ruqayyah pun wafat saat Rasulullah saw. dan umat muslim lainnya berada di Badr bertepatan pada tahun kedua hijriyyah atau 624 M.

Baca Juga :  Ummu Aiman; Mengenal Sosok Perempuan Perawat Nabi Saat Bayi


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here