Biografi Ibu Shinta Nuriyah; Perempuan Hebat di Balik Perjuangan Gus Dur

0
984

BincangSyariah.Com – Adalah Shinta Nuriyah, sosok perempuan yang selama ini telah mendampingi perjuangan tokoh besar NU, Abdurrahman Wahid sang presiden ke 3 RI, atau yang akrab disapa Gus Dur.

Shinta Nuriyah lahir di Jombang, Jawa Timur. Ia mengenyam pendidikan pertamanya di Sekolah Dasar Negeri, Jombang. Selanjutnya, ia memperoleh pendidikan menengah pertama di Madrasah Muallimat (4 tahun) Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang. Setelah lulus, dia melanjutkan pendidikan tinggi di Fakultas Syari’ah (jurusan Qodlo’) IAIN Suanan Kalijaga, Yogyakarta.

Setelah menyelesaikan pendidikan S1, Shinta menikah dengan putra pertama KH. Abdul Wahid Hasyim, yang bernama Abdurrahman ad Dakhil. Untuk beberapa saat (tahun 1972 sampai dengan 1980) mereka mengarungi kehidupan di Pesantren Manba’ul Ma’arif, Denanyar, Jombang.

Di pondok tersebut, Shinta muda membantu mengajar di Pesantren Denanyar, di Pesantren Tebu Ireng dan Pesantren Darul Ulum, Rejoso, Jombang. Baru Tahun 1980, Shinta sekeluarga pindah ke Jakarta.

Di kota besar itu, Shinta muda memulai karirnya dengan menjadi wartawan di sebuah majalah keluarga, “Zaman”, dan kemudian majalah pria “Matra”. Dia juga diminta membantu mewakili organisasi Muslimat di KNKWI (Komisi Nasional Kedudukan Wanita Indonesia), serta KOWANI (Kongres Wanita Indonesia), dan melakukan bimbingan rohani di rumah tahanan.

Keingintahuan tentang peran agama dalam kehidupan perempuan, telah menyeret Shinta untuk menimba pengetahuan dengan mengikuti kuliah di Kajian Perempuan dan Gender, di Program Pascasarjana Universitas Indonesia.

Meskipun pada awal semester kedua, Shinta mengalami kecelakaan mobil, yang terdampak terbatasnya gerak dan aktifitasnya secara fisik, namun dia tidak patah semangat. Meski terbatas geraknya, ia tetap melanjutkan kuliah S2, sekalipun selama satu semester harus ditandu dari lantai satu ke lantai 4 Gedung Pasca Sarjana Universitas Indonesia, karena lift gedung itu rusak………. selengkapnya klik BincangMuslimah.Com

Baca Juga :  Sering Sepelekan Tiga Anggota Wudhu Ini: Muslimah Perlu Hati-Hati Nanti Shalat Tidak Sah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here