Berdosakah Kentut di Hadapan Istri?

0
540

BincangSyariah.Com – Setiap orang pasti melakukan buang gas atau kentut. Perbedaan intensitas buang gas ini tergantung dari sehat atau tidaknya perut seseorang. Perlu diketahui, sengaja mengeluarkan kentut di depan orang adalah tindakan tidak terpuji. Hal ini tentu tidak semestinya dilakukan oleh orang-orang yang ingin menjaga martabatnya. Tak terkecuali saat berada di rumah, maka sepatutnya seorang suami menjaga wibawanya kepada istri dan anak-anaknya.

Namun jika memiliki uzur, boleh saja kentut namun dianjurkan untuk menjauh dan cari tempat terbuka. Sementara, jika hal itu dianggap sebagai penyakit yang sudah diidap maka disarankan untuk segera berobat.

فتعمد إخراج الريح أمام الناس أمر مستقبح ومضر، ولا يليق بصاحب المروءة، ومن كان به عذر فليفعل ذلك بعيدا عن الناس، ومن كان مريضا فليبحث لنفسه عن العلاج.

“Sengaja mengeluarkan kentut di depan orang adalah tindakan tidak terpuji dan membahayakan. Tidak patut dilakukan oleh orang-orang yang memiliki keluhuran budi/ martabat (muruah). Untuk yang memiliki uzur, boleh saja kentut namun menjauhlah dari orang-orang. Yang sakit, carilah obat.”

Allah SWT berfirman dalam surah an-Nisa’ ayat 19:

وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ

“Wahai para suami, perlakukanlah mereka (istri) dengan cara yang baik.” ( QS an-Nisa’: 19)

Seorang muslim adalah makhluk Allah yang mulia, memiliki martabat yang tinggi. Sepatutnya dia menjauhi segala perbuatan yang dapat merusak wibawa atau muruahnya. Kentut sembarangan, salah satu perbuatan yang bertentangan dengan menjaga muruah dan keluhuran akhlak.

Maka, cara menjaga muruah itu cukup mudah. Di antaranya mejaga rasa malu, karena malu dapat mencegah seseorang dari tindakan tercela dan tidak baik.

Nabi Saw bersabda:

إِنَّ مِمَّا أَدْرَكَ النَّاسُ مِنْ كَلاَمِ النُّبُوَّةِ الأُوْلَى، إِذَا لَمْ تَسْتَحِ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ

“Sesungguhnya ungkapan yang telah dikenal orang-orang dari ucapan nabi-nabi terdahulu adalah: jika engkau tidak malu perbuatlah sesukamu.” (HR Bukhari)

Baca Juga :  Benarkah Ibu Hamil Tidak Boleh Sujud Terlalu Lama?

Kalimat “berbuatlah sesukamu” itu bermakna ancaman. Maksudnya silakan berbuat sesuai dengan kehendak diri, namun ingat segala tindakan yang dilakukan tersebut mendapat balasan dari Allah SWT.

Pernah ada seorang Arobi menemui Umar RA, kemudian ia meminta agar diajarkan kepadanya Islam. Umar menjawab:

أن تشهد أن لا إله إلا الله وأن محمدا رسول الله ، وتقيم الصلاة ، وتؤتي الزكاة ، وتحج البيت ، وتصوم رمضان ، وعليك بالعلانية ، وإياك والسر وكل ما يستحى منه

“Kamu bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mengerjakan salat, membayar zakat, berhaji, puasa ramadan, jauhi dosa-dosa di depan khalayak dan saat sendirian, serta jauhilah segala tindakan yang memalukan.” (Dinukil dalam syuabul iman)

Tidak hanya itu, ketut sembarangan merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh kaum Nabi Luth. Barangkali ada anggapan orang yang mengatakan “di awal pernikahan memang malu, tapi makin tua usia pernikahan menjadi biasa dan kentut menjadi suatu hal yang lucu.”

Lebih jelas, Allah berfirman:

أَئِنَّكُمْ لَتَأْتُونَ الرِّجَالَ وَتَقْطَعُونَ السَّبِيلَ وَتَأْتُونَ فِي نَادِيكُمُ الْمُنْكَرَ ۖ فَمَا كَانَ جَوَابَ قَوْمِهِ إِلَّا أَنْ قَالُوا ائْتِنَا بِعَذَابِ اللَّهِ إِنْ كُنْتَ مِنَ الصَّادِقِينَ

“Apakah pantas kamu mendatangi laki-laki, menyamun dan melakukan kemungkaran di tempat-tempat pertemuan kalian? Maka jawaban kaumnya tidak lain hanya mengatakan, datangkanlah kepada kami azab Allah, jika engkau termasuk orang-orang yang benar.” (QS al-Ankabut: 29)

Dalam tafsir al-Qurtubi dijelaskan maksud ayat di atas adalah:

وقالت عائشة وابن عباس والقاسم بن أبي بزة والقاسم بن محمد : إنهم كانوا يتضارطون في مجالسهم

“Aisyah, Ibnu Abbas, al-Qosim bin Abi Bazzah dan al-Qosim bin Muhammad menjelaskan makna melakukan kemungkaran itu adalah di tempat-tempat pertemuan kalian.”

Baca Juga :  Umur Berapa Anak Perempuan Wajib Berhijab?

وَتَأْتُونَ فِي نَادِيكُمُ الْمُنْكَرَ

“Mereka memiliki kebiasaan saling berbalas kentut di acara-acara mereka.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here