Benarkah Perempuan Racun Dunia Bagi Laki-laki?

1
1100

BincangSyariah.Com – Manusia memang tercipta untuk mencintai perhiasan dunia. Dan salah satu perhiasan dunia itu adalah perempuan. Namun hal yang demikian bukan berarti perempuan adalah sumber segala masalah dan racun dunia bagi laki-laki. Laki-laki bukanlah satu-satunya objek dalam mencintai, dan perempuan bukan juga sebagai objek yang melulu dicintai.

Mungkin sebagian orang ada yang memaknai perempuan sebagai perhiasan dunia yang mewarnai dan menghiasi laki-laki, perempuan dipersepsikan sebagai sumber pesona, yang menggoda, dan menggiurkan sehingga laki-laki harus waspada terhadapnya. Sehingga dari persepsi tersebut, timbullah anggapan bahwa perempuan adalah sumber persoalan dan racun dunia bagi laki-laki.

Bukankah dalam ayat yang membicarakan konteks tersebut diakhiri dengan sebuah peringatan bahwa semua yang di sisi Allah itu lebih kekal dibandingkan semua pesona (termasuk pesona perempuan)? Dalam QS Ali Imran ayat 14 Allah berfirman:

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).

Secara mubadalah (setara dan kesalingan), perempuan juga bisa diajak bicara oleh ayat tersebut dan menjadi orang yang diminta waspada dari segala kemungkinan yang berasal dari perhiasan dunia. Dengan demikian perempuan bukanlah sumber permasalahan bagi laki-laki. Layaknya perempuan tidak selalu menjadi penggoda bagi laki-laki, perempuan juga bisa digoda oleh lelaki sehingga tergelincir dan jauh dari jalan kebenaran…..(Selengkapnya baca di BincangMuslimah.Com )

Baca Juga :  Mengusap Kepala Tidak Melepas Hijab, Sahkah Wudhu Wanita ?

1 KOMENTAR

  1. Anyway, gambar yang dijadikan ilustrasi, menarik, tapi sayang, ndk dicantumin sumbernya apa koleksi pribadi atau siapa gitu yang buat…he

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here