Batas Masa Suci Haid dalam Fikih

66
54372

BincangSyariah.Com – Darah yang keluar dari kemaluan seorang wanita itu dapat dikategorikan darah haid jika keluarnya tidak kurang dari dua puluh empat jam. Baik 24 jam itu keluarnya terus menerus atau terputus-putus. Jadi 24 jam itu boleh tidak keluar mulai awal sampai 24 jam, tetapi boleh 24 jam itu kumpulan dari darah yang terputus-putus dalam beberapa hari, asal tidak lebih dari 15 hari. Namun, jika kurang dari 24 jam maka darah itu dihukumi istihadhah, bukan darah haid.

Misal, seorang wanita mengeluarkan darah setiap hari hanya 2 jam selama 12 hari. Maka semua darah yang keluar ini dihukumi darah haid, karena sudah mencapai 24 jam. Tetapi jika seorang wanita itu mengeluarkan darah hari pertama hanya 9 jam, hari kedua 5 jam, hari ketiga 6 jam dan hari keempat 3 jam kemudian tidak mengeluarkan darah lagi sampai hari kelima belas, maka darah tersebut dihukumi istihadhah karena jumlahnya masih 23 jam. Dan jika seorang wanita itu mengeluarkan darah 7 jam di hari pertama, 7 jam di hari kelima, 7 jam di hari kesepuluh dan 3 jam di hari keenam belas, maka darah tersebut juga dikategorikan darah istihadhah, meskipun sudah mencapai 24 jam, tetapi dikeluarkannya melebihi 15 hari.

Perlu diperhatikan lagi bahwa maksud dari terus menerus mengeluarkan darah bukan dilihat dari celana dalam seorang wanita masih ada darahnya. Tetapi wanita tersebut harus mengecek dengan memasukkan kapas ke dalam kemaluannya, jika masih ada darah, maka dia masih dianggap mengeluarkan darah, tetapi jika kapasnnya putih maka dia sudah tidak mengeluarkan darah.

Jadi batas minimal wanita mengeluarkan darah haid adalah 24 jam baik terputus-putus atau terus menerus. Sedangkan batas maksimal wanita mengeluarkan darah haid adalah 15 hari 15 malam, meskipun keluarnya tidak terus menerus. Adapun kebiasaan/ umumnya wanita mengeluarkan darah haid adalah 6 hari 6 malam atau 7 hari 7 malam. hal ini berdasarkan dari hasil penelitian imam Syafii kepada mayoritas wanita di zamannya dan sampai sekarang pun mayoritas wanita mengeluarkan haid selama 6 hari atau 7 hari.

Baca Juga :  Najiskah Cairan Keputihan dalam Hukum Islam?

Sementara hukum masa terhentinya darah yang terjadi di sela-sela haid yang terputus-putus itu dihukumi sama dengan haid menurut qaul mu’tamad/pendapat yang dapat dijadikan pegangan. Oleh karena itu shalat atau puasa yang dijalankan dalam masa tersebut di atas dinyatakan tidak sah. Dan jika puasa yang dijalankan itu puasa Ramadhan, maka wajib di qadla’ meskipun sudah dijalankan secara sempurna dan sehari penuh darah tidak keluar sama sekali. Misalnya seorang wanita mengeluarkan darah selama dua hari kemudian darahnya berhenti selama 3 hari lalu keluar lagi darah selama 2 hari lalu berhenti, maka tiga hari antara dua haid tersebut dianggap haid, jadi haidnya terhitung 7 hari. Jika dalam keadaan berpuasa maka ia wajib mengqadla’ puasa 7 hari.

Adapun batas minimal masa suci antara dua haid adalah lima belas hari lima belas malam. Jadi misalnya seorang wanita itu haid selama 7 hari maka masa sucinya minimal adalah 15 hari, setelah itu baru bisa mungkin untuk mengeluarkan darah haid. Sementara batas maksimal masa suci antara dua haid adalah tidak ada batasnya. Biasanya wanita akan mengeluarkan darah haid setiap bulannya. Sehingga jika biasanya seorang wanita itu haid enam hari maka biasanya pula masa sucinya 24 hari, dan jika biasanya ia haidnya tujuh hari, maka masa sucinya biasanya 23 hari, namun jika masa sucinya melebihi itu, maka tidak masalah, karena masa suci tidak ada batas maksimalnya. Namun jika khawatir akan ketidak aturan siklus haid, maka hendaknya mengkonsultasikan kepada dokter.

Tulisan di atas disarikan dari kitab ianatun nisa’ karya Muhammad bin Abdul Qadir halaman 9-13 dan Risalah Haid, Nifas dan Istihadhah karya K.H. Muhammad Ardani bin Ahmad halaman 14-16. Wa Allahu A’lam bis Shawab.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

66 KOMENTAR

  1. Mau tanya,jika haid selama 5 hari,hari k 13 keluar drah lagi,smpk hari k 14,trs ini masih suci 11 hari sdh keluar darah lagi,ini darah haid bukan yaa,

    • Sebelumnya terimakasih telah berkunjung di web kami.
      untuk kasus mb jujuk triana, maka haidnya selama 14 hari, yakni mulai dari tanggal 1 sampai 14. Dan boleh haid lagi di tanggal 30, atau 15 hari setelah haid pertama, karena batas masa waktu suci antara dua haid adalah 15 hari. Sehingga karena mbak Jujuk masa sucinya belum mencapai 15 hari, yakni masih 11 hari, maka mb jujuk istihadhah 4 hari. Selama masa istihadhah itu tetap wajib shalat dan puasa jika di bulan ramadhan, dan tata cara shalat serta bersucinya bisa di baca di salah satu artikel di web ini. Jika setelah empat hari (untuk menggenapkan 15 hari masa suci) itu masih keluar darah, maka darah pada hari ke 16 adalah darah haid. Demikian, Wa Allahu A’lam bis Shawab.

    • iya mb istihadhah karena mb irma berada pada masa tidak boleh haid, yakni jika dihitung dari hari pertama haid maka mb irma jumlahnya sudah 17 hari, padahal batas maksimal haid adalah 15 hari, sehingga darah yang keluar dihukumi istihadhah.

    • iya mb istihadhah karena mb irma berada pada masa tidak boleh haid, yakni jika dihitung dari hari pertama haid maka mb irma jumlahnya sudah 17 hari, padahal batas maksimal haid adalah 15 hari, sehingga darah yang keluar dihukumi istihadhah. wa Allahu A’lam bis Shawab

  2. Tanya donk
    Umur 9thn kurang 19 hr (dihitung thn hijriah)
    Mengeluarkan darah selama 9 hr
    Brp hr darah haid..berapa hr darah istikhorah nya

    • jika anak perempuan keluar darah selama 9 hari, padahal umurnya masih 9 tahun kurang 19 hari, maka 3 hari yang pertama adalah darah istihadhah, kemudian enam hari yang akhir berhukum haid. Karena batas umur haid bagi wanita adalah ketika sudah berumur 9 hari (hitungan hijriyah) kurang 16 hari, karena anak tersebut adalah kurang 19 hari, maka ia mengalami istihadhah tiga hari

    • batas maksimal haid adalah 15 hari, dan batas minimal suci di antara dua haid adalah 15 hari.
      untuk kasus mb nena maka darah yang keluar lagi tersebut adalah darah istihadhah. Hal ini disebabkan karena keluarnya pada masa tidak boleh haid, alias di masa suci.

  3. Komentar:
    assalamualaikum
    mau tnya klau misalnya sdh haid 7 hari stlh itu bersih 10 hari dan keluar darah lagi.darah itu darah haid atau darah istuhadoh?

  4. Assalamualaikum, saya mau tanya , saya haid 8 hari dan setelah 16 hari saya haid lagi , itu di hukum haid atau istihadhoh?

  5. Assalamualaikum,,kalo misalnya haid 6 hari dan baru suci 11 hari atau 13 hari apa itu juga darah istihadoh,,?? Atau darah apa ya soalnya kejadian seperti itu stelah menikah. Masa sucinya selalu sedikit,

  6. Assalamualaikum Saya mau nanyak,, saya haid15 hari dan istihadhoh 15 hari dan setelah itu saya suci 7 hari,dan setelah suci itu saya keluar darah lagi,itu di hukumi haid apa istihadhoh?
    Mohon penjelasannya

  7. Saya mau nanya.. Sayakan habis haid selama 7hari..dan saya sudah masa suci selama 9hari sekrang, tapi besoknya saya keluar darah lagi..apa itu darah haid atau darah istihadhah??

  8. Assalamu’alaikum
    Mhon maaf mau tanya dok
    Haid saya udah 32 hari,
    Apakah benar, 1-15 darah haid
    16-31 istihadhoh selanjutnya haid lagi?
    Terimaksih dok

  9. Assalamualaikum… Maaf mu tanya saya tadi malem hanya se tetes pas paginya saya cek pakek kapas ter nya ta kapasitas bersih apakah itu di namakan drh haid karna hanya setelah

  10. Mau tanya cara menghitung darah keluar tidak kurang dari 24 jam gimana ya? agak bingung.
    Misalkan ,saya cek setiap 3 jam (artinya saya cek sekitar 8 kali dalam sehari).

    Apakah darah tsb sudah dihukumi haid? karena saya cek setiap 3 jam dlm sehari (artinya saya cek sekitar 8 kali dalam sehari), maka hitungannya sdh 24 jam.

    Atau, darah tsb dihukumi haid hanya jika darah tsb keluar selama 8 hari agar 24 jam karena darah keluar 3 jam dalam sehari?

    Mohon jawaban,terimakasih.

  11. Kalau saat dicek “Setiap 3 jam” dalam sehari ,darah keluar dan berlangsung selama 4 hari seperti itu, apakah sudah termasuk haid?

  12. Mf mhon d jwab, 3hri drah head kluar, 3 hri brhenti, hri ke 7 kluar lagi.apakah yg 3 hri brsih wjib sholat dm puasa? apkah hri 7 istihadhoh?

    • batas masa haid adalah lima belas hari lima belas malam, jadi karena mbak keluar darahnya pada hari ketujuhnya adalah masih dalam ranah lima belas hari maka tetap dinamakan darah haid. Begitu pula dengan masa tidak keluar haid tiga hari itu juga dihitung haid karena masih dalam lingkup lima belas hari lima belas malam atau batas maksimal haid. semoga bisa dipahami.

      • Assalamualaikum saya mau tanya ..saya haid 3 hari udah bersih na selalama 2 hari itu saya lancar gk ada putusnya darah mengalih terhitung 24jam ….apa selesai itu bisa berpuasa terimakasih

  13. assalamu’alaikum..
    sy mau tanya. 3hari sy mengluarkan darah haid tp hanya flek merah kehitaman.. lalu suci dan 7setelahnya saya haid dgn darah lancar dan merah selama 7 hari.
    lalu suci lagi
    darah yg mana yg dihukumi istihadha??
    terima kasih

  14. saya haid selama 4 hari lalu berhenti dari subuh sampai maghrib lalu setelah ‘isya keluar darah tp sedikit lalu malam sampai subuh tidak keluar lagi sampai siang setelah dzuhur keluar flek..gimana hukum darah yang keluar sedikit/flek tsb.mohon jawabannya..

  15. Assalamualaikum mohon tolong di jawab, haid saya tidak teratur, dan suka bingung menentukan masa suci,
    kmren saya haid dari tgl 27 april sampe 3 mei hr jumat, sorenya saya mandi besar, terus mohon maaf mlm nya sya berhubungan dan tdk kluar apa2 lagi selain air mani, pd hari sabtu nya kluar seperti kputihan dan hr minggunya pun bersih.. terus pas hr senin siangnya kluar flek coklat sampe sore mau magrib dkit2,lalu sampe bngun tidur gk kluar lg fleknya,
    eh pas jam 8 pagi kluar ada flek coklat lagi, apakah flek coklat itu termasuk darah istihadoh apa bukan? karena selang 2 hr kan saya bersih?
    mohon jawbannya. terimakasih

  16. Assalamualaikum
    Mohon penjelasannya
    Saya keluar flek dari tgl 19-25april
    Lalu Suci dari 26 april – 2mei
    Tgl 3mei sampe sekarang masih keluar flek
    Berarti hitung minimal masa suci 15harinya dr tgl 4 -18mei atau dri 26 april – 10mei ?

  17. Aslkum. Mw tanya q haid tgl 26 april. Suci pfa tgl 4 mei. Inu tgl 10 mei q keluar datah. Drah ni termasuk terusan darah haid apa darah istihadah. Mohon info nya makasih

  18. Assalamualaikum
    Saya mau tanya .. bulan kemaren saya haid mulai tgl 17-22 trs saya suci tgl 23-25 setelah suci tgl 26-4 keluar darah lagi lalu saya suci tgl 5 skrng tgl 11 keluar lagi…

    Itu istihadah atau haid …

  19. Assalamualaikum
    Saya mau tanya .. bulan kemaren saya haid mulai tgl 17-22 trs saya suci tgl 23-25 setelah suci tgl 26-4 keluar darah lagi lalu saya suci tgl 5 skrng tgl 11 keluar lagi…

    Itu istihadah atau haid … mohon informasinnya terimakasih

  20. Assalamualaikum. Saya mohon pendapat nya
    Jika masih terdapat cairan kekuning²an apakah boleh Mandi besar atau berpuasa???

  21. Assalamualaikum mohon informasinya

    Jika masih terdapat cairan kekuning²an apakah boleh Mandi besar atau berpuasa???

  22. Asalamualaikum mau tanya dong. Saya haid sudah 6 hari dan d hari ke 7 sudah tidak keluar lagi dan disore harinya saya suci trus melaksanakn solat asar dan sewaktu menjelang solat maggrib darah keluar lgi. Bagai manakah solat asar saya sah atau tidak? Trimakasih

  23. Asalamualaikum mau tanya dong. Saya haid sudah 6 hari dan d hari ke 7 sudah tidak keluar lagi dan disore harinya saya suci trus melaksanakn solat asar dan sewaktu menjelang solat maggrib darah keluar lgi. Bagai manakah solat asar saya sah atau tidak? Trimakasih

  24. Assalamualaikum.
    Saya haid dari tgl 30 maret sampai 5 april dan berpuasa dari tgl 6 sampe tgl 11, tgl 12 muncul flek coklat tetapi tidak berbau busuk seperti darah haid. Apakh itu termasuk haid atau istihadoh? Dan puasa saya sah atau tidak?

  25. Assalamualaikum,maaf mau tanya,sy sdang haid trs 4hr suci,tp 2hri kmudian ngeflek lg,stelah 11hr,sdh tdk ada drah yg kluar lg,apakah bleh mandi hadas haid??apa hrus nunggu 15hr dl??mhon dijawab krn klo blh sy ingin brpuasa.

  26. Sya mau tanya,sy sedang haid,hr ke4 sy suci,tp setelah 2hr ngeflek Lg,stelah 10hri Sudah bersih LG, blehkah Mandi hadas haid??apakah msh hrs nunggu 15hr lg??tolong dijawab krn bingung hrs buasa apa tidak??

  27. Mau tnya mbk..sy haid sudah 11 hari dr jm 6 sore sudah keluar cairan bening.. tetapi jm 7 pagi (hari ke12) keluar flek kecoklatan..apakah masih masa haid?

    • minimal haid adalah dua puluh empat jam atau sehari semalam. Maka, jika mbak sudah mengeluarkan darah selama dua puluh empat jam atau sehari semalam maka sudah dihukum haid. Tetapi, jika belum mencapai maka istihadhah.

  28. Assalamualaikum saya mau tanya ..saya haid 3 hari udah bersih na selalama 2 hari itu saya lancar gk ada putusnya darah mengalih terhitung 24jam ….apa selesai itu bisa berpuasa terimakasih

  29. Min saya kan awal haid buln ini,darahnya sudah tidak lancar dan darahnya coklat kehitaman, tidak seperti halangan biasanya, namun hari ke 6 saya sudah suci, setelah itu hari ke 11 saya hlngn lgi dengn drah yg hitam ke coklatan dan hari ke 15 suci. Setelah 7 hari kmudian haidnya kluar lgi dngan darah bersih seperti saya halangan biasanya. Pertanyaannya apakah mngkn yg diawal saya hlngan dikatakan istihazah krna drhnya beda dngan hlngn biasanya dan juga ptus2? Ataukah yg darah bersih ini saya yg istihazah, mohon min bantu jawab

  30. Setelah melahirkan anak kecil 3 sy mengalami nifas +- 40 hr,stlh 1 bulan suci sy memutuskan KB implant, dan selama 1,5th sy tdk mengalami haid sama sekali ( anak pertama tdk KB stlh nifas jg tdk haid selama 1th).
    Stlh 1,5 th,alhamdulillah sy haid kembali dgn kurun waktu 7hr keluar darah, kemudian 3hr suci lalu di hr ke 11 keluarga darah lg, pertanyaan sy ini mrp darah haid ato istihadhah ya? Mohon penjelasannya, terimakasih

  31. sy mau nanya sy haid 9 hari ..baru suci 3 hari keluar kecoklatan terus keluar darah sampai hari ke 3 ..apakah ini darah haid atau istikhado ya.?
    terimakasih atas jawabannya

  32. Saya mau tanya, kan saya selesai melahirkan, lalu setelah 40 hari masa nifas saya satu minggu kemudian saya keluar darah haid selama 6 hari, lalu seminggu kemudian saya keluar darah coklat, lalu mengering berwarna agak hitam dan banyak. Namun untuk haid yg kedua ini sudah 12 hari pun blm selesai, jd bagaimana hukumnya dalam islam, bolehkah saya puasa dan sholat?

  33. Assalammu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    Mau tanya, saya menstruasi selama 7 hari dan sdh bersih 7 hari dan saya sdh puasa ramadhan dan sholat akan tetapi hari ke 14 keluar darah lagi seperti darah pertama kali. Yang mau saya tanyakan apakah nanti kalau sdh lebih dari hari ke 15 itu darahnya bukan haid ya?
    dan apakah yg 7 hari yang suci itu saya harus mengqadla puasa saya?
    Terima kasih banyak atas bantuannya.
    Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

    • Wa Alaikumus Salam wr wb. Benar mbak batas maksimal haid adalah lima belas hari lima belas malam. Jadi, semuanya dihukumi haid empat belas hari itu sampai hari kelima belas, jika masih keluar di hari keenam belasnya maka dihukumi istihadhah. Jadi, hari keenam belas langsung mandi suci, shalat, dan puasa.
      benar sekali tujuh hari pemisah antara dua haid yang mabk sudah berpuasa itu dihukumi haid tetap harus diqadha’ puasanya.

      • Saya mau tnya
        Saya haid sudah 10 hari. Trus tadi jam 3 sore saya cek pakek kapas sudah bersih lalu jam 4 sore saya mau bersuci sya cek lagi ada coklat kekuningan.apakah itu masih darah haid

  34. Assalamu’alaikum saya mau tnya Ustadz. Saya haid dari tanggal 19 April-10 Mei terhitung 23 Hari. Tanggal 11 dan 12 Mei saya Suci. Tanggal 13 Mei saya haid lagi sampai sekarang. Mohon penjelasannya itu haid apa darah istihadah

  35. Assalamu’alaikum saya mau tnya Ustadz. Saya haid dari tanggal 19 April-10 Mei terhitung 23 Hari. Tanggal 11 dan 12 Mei saya Suci. Tanggal 13 Mei saya haid lagi sampai sekarang. Mohon penjelasannya itu haid apa darah istihadah

  36. Assalamualaikum warahmatullahi.

    Saya ingin bertanya , saya haid (arah istihadhoh) selama 30 hari , kemudian bersih , setelah -+ 3 mingguan saya haid lagi,
    Apakah haid yg kedua itu terhitung haid atau istihadhoh ya ??

    Terimakasih

  37. Ibu saya haid 10hari trs suci 3hari,haid lagi sampe 5hari blm suci juga,apakah hukum puasa dan salat setelah 15hari terhitung hari pertama haid?

  38. Assalamualaikum…mo nanya ..klo tanggal haid tiap bulannya selalu maju gmn y?bulan April sy haid tanggal 22 trus bulan ini (mei) tanggal 17…berarti kan masa suci antara haid bulan April ke mei belum mencapai 15 hari..katanya masa suci minimal 15 hari sedangkan sy masa sucinya baru 10 hari ..mohon penjelasannya

  39. Assalamu’alaikum.. Kan biasanya saya haid 6/7 hari. Dan ini smpe belasan hari aq blm smbuh,, sktar 16 hari… Tp setelah haid 10 hari aq mnjalankan puasa sholat,, hukumnya gmna ya,,

  40. Asalamuallaikum wr wb. Mohon penjelasannya karena ini penting bagi saya. Saya bingung menghitung 15 hari itu harus dari setelah haid selesai atau kita harus menghitung dari hari ke 15 itu sendiri?

    Jadi begini saya haid dari tgl 4-9 setelah itu saya suci kalo dihitung dari tanggal selesai yaitu tanggal 9 ke tanggal 23 kemarin itu sudah 14 hari. Tgl 23 kmarin saya haid lagi. Nah hari ini tgl 24 brarti sudah hari ke 15 kalo dihitung dari hari saya selesai haid. Saya bingung darah saya saat ini darah istihadhah atau darah haid.

    Nah kalo dihitung 15 hari dari awal haid saya haid tgl 4-9 kalo 15 hari berarti sampe tgl 18. trs dari 18 ke 24 kan belum ada 15 hari. Jadi saya bingung harus puasa atau tidak. Mohon di balas ya ustad. Terima Kasih.

  41. Seumpamnya saya haid.. kemaren keluarnya setetes.. trus hari ini juga setetes.. sedangkan sekarang bulan ramadan.. gimana ini min..

  42. Untuk lebih meyakinkan saya Mau nanya, awal bulan ramadhan tahun ini saya haid 15 hari lalu bersih 11 hari, hari ke12 dst keluar flek coklat, apakah di hari ke12,13,14,15 itu saya hitung sebagai masa suci atau sebagai masa haid, karena setiap bulan masa suci tanpa keluar darah atau flek hanya 11_12 hari saja.

  43. Maaf mau tanya ini haid apa istihadhah, tgl 13 keluar darah bewarna merah terang dan tgl 14 suci, trus tgl 16,dan tgl 17nya suci, dan tgl 18—19, dan tgl 20 suci,dan tgl 22—28,dan tgl 29 suci lagi dan tgl 30 sampai hari ini darahnya trus mengalir itu darah apa ya ,tolong jawab

  44. Maaf mau tanya ini haid apa istihadhah, tgl 13 keluar darah bewarna merah terang dan tgl 14 suci, trus tgl 16,dan tgl 17nya suci, dan tgl 18—19, dan tgl 20 suci,dan tgl 22—28,dan tgl 29 suci lagi dan tgl 30 sampai hari ini darahnya trus mengalir itu darah apa ya ,tolong jawab

  45. Assalamualaikum.sya mau nanya jika kita sudah ganti bulan apakah itu di sebut haid ?meski kurang dari 15 hari?

  46. Assalamualaikum,mau tanya kalo haidnya 1 hari,trus tdk mandi wajib krna tkutnya kluar drh lgi,dan biasanya berdrh lgi pas mau ke 6 atau 7 harinya itu gimana ya? Oya sya sdh kb 3 bulan,dan kb sya sdh mau brkhir tnggl 17 juli 2019 ini,tolong dijawab terima kasih

  47. Saya mau bertanya jadi saya haid tanggal 4-8 nah tanggal 8 suci 8-19 udah kya biasanya trus tanggal 19 klaur darah tapi cuma 2 jam doang tapi udah 3 hari kya gitu trus lah itu darah haid apa istihadoh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here