Baca Surah Yusuf Saat Hamil, Anaknya Bisa Tampan?

1
307

BincangSyariah.Com – Memiliki anak adalah karunia terindah bagi sebagian besar pasangan suami istri. Terlebih bila anak yang lahir memiliki paras yang tampan atau cantik. Sudah menjadi keumuman di manapun bahwa salah satu cara Islami untuk mendapatkan anak yang tampan atau cantik adalah membaca surah Yusuf di tiga bulan pertama atau di seluruh bulan saat mengandung. Lalu benarkah baca surah Yusuf saat hamil anaknya bisa tampan atau cantik?

Syekh Khalid Abdul Mun’im Ar-Rifai, seorang mufti dari Mesir (klik di sini) penah memberikan jawaban terkait hal ini. Yakni menurutnya, pada dasarnya di dalam Al-Qur’an, sunnah Nabi saw. maupun atsar sahabat belum ditemukan keterangan bahwa bacaan surah Yusuf bagi ibu hamil akan menjadikan atau menambah ketampanan sang jabang bayi.

Adapun opini yang berkembang di masyarakat tentang faidah surah Yusuf agar bayi yang akan dilahirkan menjadi tampan hanyalah sebuah uji coba dari sebagian orang. Dan hal inipun tidak perlu dipercayai sepenuhnya. Hal ini disebabkan karena belum adanya legalitas dalil secara agamis maupun ilmiah mengenai hal ini.

Namun, meskipun demikian, bagi seorang wanita yang hamil, sangat boleh membiasakan membaca Al-Qur’an atau memperdengarkanya kepada calon bayinya yang ada dalam kandungan, tanpa harus mengkhususkan surah-surah tertentu. Selain dapat menambah pundi-pundi pahala ibadah bagi wanita tersebut, hal itu juga dapat menguatkan penelitian ilmiyah yang mengatakan bahwa semua unsur pendengaran bagi janin itu menjadi sempurna saat memasuki bulan keenam kehamilan.

Maka, jika suara yang diperdengarkan itu adalah lantunan ayat suci Al-Qur’an, diharapkan akan memberikan dampak positif pada janin, yakni akan kembali padanya kemanfaatan, berupa kebaikan dan keberkahan. Meskipun tidak terbatas manfaatnya hanya itu saja, mengingat hal ini adalah termasuk hal gaib yang hanya Allah yang tahu.

Baca Juga :  Haruskah Posisi Imam Perempuan Berada Di Antara Saf Makmum?

هُوَ الَّذِي يُصَوِّرُكُمْ فِي الْأَرْحَامِ كَيْفَ يَشَاءُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Dialah yang membentuk kamu dalam rahim menurut yang Dia kehendaki. Tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana. (Q.S. Ali Imran/3: 6). Imam Al-Qurthubi di dalam kitab tafsirnya “Al-Jami’ li Ahkamil Qur’an” mengatakan bahwa Allah Swt. lah yang membentuk janin itu berparas baik atau tidak, hitam atau putih, tinggi atau pendek, normal atau catat, dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan dari Syekh Khalid Abdul Mun’im Ar-Rifai tentang mitos surah Yusuf yang dapat menjadikan tampan anak yang dalam kandungan. Menurut kami, sebenarnya tampan tidaknya jabang bayi yang dikandung oleh seorang wanita adalah kebanyakan keturunan/gen dari orang tuanya atau nenek moyangnya.

Maka yang seharusnya diikhtiari oleh orang tua adalah terus mendoakan anaknya sehat dan kelak menjadi anak yang saleh. Oleh karena itu, para Nabi pun telah banyak mengajarkan kita doa-doa yang mereka panjatkan kepada Allah Swt. ketika meminta keturunan. Misalnya doa Nabi Zakariya “Rabbi hablii minladunka dzurriyatan thaiyyibah/Berikanlah kami dari sisiMu keturunan yang baik.” Atau doanya Nabi Ibrahim a.s. “Rabbii hablii minas shaalihiin/ Ya Allah, anugerahilah kepadaku (anak) yang termasuk sholeh. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here