Wafatnya Aminah: Ibunda Nabi Muhammad saw.

1
14841

BincangSyariah.Com – Setelah empat tahun diasuh oleh Halimah, Muhammad pun diasuh kembali oleh ibundanya; Aminah bin Wahb.

Pada suatu ketika Aminah membawa Muhammad pergi ke Madinah untuk bersilaturrahim kepada paman-paman ayah Nabi saw. dari pihak ibu, yaitu Bani Addy Ibnu Najjar. Dalam perjalanan pulang ke Makkah, tiba-tiba Aminah diserang sakit keras.

Ketika di suatu desa yang bernama Al-Abwa’ (nama sebuah desa yang terletak di antara Makkah dan Madinah, lebih dekat ke Madinah kurang lebih 37 km.) Aminah meninggal dunia dan dimakamkan di tempat tersebut.

Selanjutnya Muhammad yang masih berumur enam tahun berada di bawah asuhan Ummu Aiman dan di bawah tanggungan kakeknya; Abdul Muthalib. Abdul Muthalib sangat sayang kepada cucunya itu. Hal seperti ini belum pernah dirasakannya kepada anak-anaknya karena dari dalam diri Muhammad tampak tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kelak di masa mendatang ia akan memiliki suatu perkara yang agung. Abdul Muthalib pun memuliakannya.

Tidak berapa lama kemudian, Abdul Muthalib meninggal dunia, sedangkan Muhammad masih baru menginjak usia ke delapan tahun. Kemudian Muhammad dijamin oleh saudara kandung ayahnya; atau pamannya yang bernama Abu Thalib.

Abu Thalib mengasuh Muhammad dengan penuh kasih sayang dan perhatian. Harta yang dimiliki Abu Thalib waktu itu hanya sedikit, tetapi berkat adanya Muhammad akhirnya Allah swt. melimpahkan keberkahan pada hartanya.

Selama di dalam asuhan Abu Thalib, Muhammad merupakan teladan yang paling baik. ia bersikap qana’ah (menerima apa adanya) dan jauh dari perbuatan-perbuatan rendah yang biasa dilakukan kebanyakan anak-anak seusia dengannya.

Demikian itu pernah dikisahkan oleh pengasuhnya Ummu Aiman. Ketika saat makan tiba, anak-anak lainnya datang melahap makanan yang ada, sedangkan Muhammad tetap tenang dan menerima apa adanya.

Baca Juga :  Yuk Mengenal Nama-nama Binatang Milik Nabi

Sumber: Kitab Nurul Yaqin Fi Siirati Sayyidil Mursaliin karya Syekh Muhammad Al-Khudhari Bek.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here