Usia Sayidah Fatimah Putri Nabi Saat Siti Khadijah Wafat

0
23

BincangSyariah.Com – Dalam kitab Al-Zaijat wa Al-Wiladat, Dr. Muhammad Hali mengatakan bahwa Sayidah Fatimah dilahirkan lima tahun sebelum kenabian atau lima tahun sebelum Nabi Saw diutus menjadi nabi. Beliau berkata sebagai berikut;

فاطمة بنت محمد بن عبد الله بن عبد المطلب بن هاشم بن عبد مناف بن قصي وامه خديجة بنت خويلد بن اسد بن عبد العزي بن قصي..ولقبها الزهراء ولدت وقريش تبني البيت قبل النبوة بخمس سنين

Fatimah adalah putri Muhammad bin Abdillah bin Abdul Muththalib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushay. Ibunya adalah Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin Abdil Izii bin Qushay. Julukannya adalah Al-Zahra’, dia dilahirkan pada saat orang Quraisy membangun Baitullah lima tahun sebelum kenabian. (Baca: Berapakah Usia Fatimah Putri Nabi Saat Wafat?)

Sementara dalam kitab-kitab sirah disebutkan bahwa Siti Khadijah wafat di bulan Ramadhan dan hanya berjarak tiga hari dari wafatnya Abu Thalib. Keduanya wafat pada tahun kesepuluh kenabian atau sepuluh tahun sejak Nabi Muhammad diutus menjadi nabi dan utusan.

Karena itu, tahun kesepuluh kenabian disebut dengan ‘amul huzn atau tahun duka bagi Nabi Saw. Ini karena dua orang kesayangan Nabi Saw, yaitu Abu Thalib dan Siti Khadijah, meninggal di tahun yang sama, bulan yang sama, dan hanya dalam waktu tiga hari.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab ‘Umdatul Qari Syarh Shahih Al-Bukhari berikut;

قال ابو عمر يقال انها توفيت بعد موت ابي طالب بثلاثة ايام في شهر رمضان ودفنت في الحجون

Abu Umar berkata; Dikatakan bahwa Khadijah meninggal setelah wafatnya Abu Thalib dengan jarak tiga hari di bulan Ramadhan dan dimakamkan di Gunung Hujun.

Baca Juga :  Sejarah Nabi Muhammad: Perjalanan ke Negeri Syam yang Kedua

Dengan demikian, jika Sayidah Khadijah wafat pada tahun sepuluh kenabian dan Sayidah Fatimah lahir lima tahun sebelum kenabian, maka dapat diketahui bahwa usia Sayidah Fatimah saat Sayidah Khadijah wafat adalah sekitar lima belas (15) tahun.

Kemudian pada usia delapan belas (18) tahun, tiga tahun setelah Sayidah Khadijah wafat, Sayidah Fatimah menikah dengan Sayidina Ali. Ibn Sa’ad dalam kitab Al-Thabaqat Al-Kubro berkata sebagai berikut;

تزوج علي بن أبي طالب فاطمة بنت رسول الله صلى الله عليه وسلم في رجب بعد مقدم النبي صلى الله عليه وسلم المدينة بخمسة أشهر، وبنى بها مرجعه من بدر، وفاطمة يوم بنى بها علي بنت ثماني عشرة سنة

Sayidina Ali menikahi Fathimah putri Rasulullah Saw di bulan Rajab setelah lima bulan sejak kedatangan Nabi Saw ke Madinah. Sayidina Ali berkumpul dengan Sayidah Fathimah setelah pulang dari perang badar, dan usia Fathimah saat berkumpul dengan Sayidina Ali berusia delapan belas tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here