Urgensi Kisah-Kisah di dalam Al-Qur’an

0
65

BincangSyariah.Com – Di dalam Al-Qur’an, salah satu ayat-ayatnya adalah berisikan tentang kisah-kisah nabi dan umat terdahulu. Lalu apa urgensi atau manfaat kisah-kisah di dalam Al-Qur’an tersebut?

Syekh Mana’ AL-Qaththan di dalam kitab Mabahits Fi Ulumil Qur’an menjelaskan ada enam urgensi disebutkannya kisah-kisah di dalam Al-Qur’an.

  1. Untuk menjelaskan asas-asas dakwah (atau cara mengajak) kepada agama Allah swt. dan menjelaskan pokok atau inti syariat-syariat yang dibawa oleh setiap para nabi (yakni mengesakan Allah swt.)

Allah swt. berfirman:

وَمَآ اَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رَّسُوْلٍ اِلَّا نُوْحِيْٓ اِلَيْهِ اَنَّهٗ لَآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنَا۠ فَاعْبُدُوْنِ

Dan Kami tidak mengutus seorang rasul pun sebelum engkau (Muhammad), melainkan Kami wahyukan kepadanya, bahwa tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Aku, maka sembahlah Aku. (Q.S. Al-Anbiya’/21: 25)

Jadi, kisah-kisah para nabi di dalam Al-Qur’an merupakan bukti bahwa inti diutusnya para nabi adalah untuk mengajak umatnya menyembah Allah swt.

  1. Untuk menetapkan/memantapkan hati Rasulullah saw. dan hati umat beliau untuk berpegang teguh pada agama Allah swt., menguatkan kepercayaan umat mukmin akan benarnya pertolongan Allah swt. dan bala tentaraNya serta hinanya kebatilan dan orang yang melakukan kebatilan.

وَكُلًّا نَّقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ اَنْۢبَاۤءِ الرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهٖ فُؤَادَكَ وَجَاۤءَكَ فِيْ هٰذِهِ الْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ وَّذِكْرٰى لِلْمُؤْمِنِيْنَ

Dan semua kisah rasul-rasul, Kami ceritakan kepadamu (Muhammad), agar dengan kisah itu Kami teguhkan hatimu; dan di dalamnya telah diberikan kepadamu (segala) kebenaran, nasihat dan peringatan bagi orang yang beriman. (Q.S. Hud/11: 120)

Jadi, dengan adanya kisah-kisah di dalam Al-Qur’an, Allah swt. ingin menggambarkan kepada Nabi Muhammad saw. dan kaumnya bahwa para nabi dahulu pun mengalami lika liku perjalanan dakwahnya. Sehingga, kisah-kisah tersebut senantiasa membuat teguh dan semangat Nabi Muhammad saw. dan umatnya untuk terus berdakwah.

  1. Untuk membenarkan (adanya) para nabi terdahulu, menghidupkan kisah-kisah mereka, dan mengabadikan jejak-jejak mereka.
  2. Untuk menjelaskan kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. dengan kisah-kisah tentang keadaan-keadaan masa lalu yang lintas abad dan generasi.
  3. Untuk mengejutkan ahlul kitab dengan bukti-bukti dan petunjuk-petunjuk yang telah disembunyikan oleh mereka serta menentang mereka dengan penjelasan-penjelasan yang telah dirubah dan diganti di dalam kitab-kitab mereka.
Baca Juga :  Kontribusi K.H. Hasyim Asy’ari terhadap Pengembangan Kajian Hadis di Indonesia

Allah swt. berfirman:

كُلُّ الطَّعَامِ كَانَ حِلًّا لِّبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اِلَّا مَا حَرَّمَ اِسْرَاۤءِيْلُ عَلٰى نَفْسِهٖ مِنْ قَبْلِ اَنْ تُنَزَّلَ التَّوْرٰىةُ ۗ قُلْ فَأْتُوْا بِالتَّوْرٰىةِ فَاتْلُوْهَآ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ

Semua makanan itu halal bagi Bani Israil, kecuali makanan yang diharamkan oleh Israil (Yakub) atas dirinya sebelum Taurat diturunkan. Katakanlah (Muhammad), “Maka bawalah Taurat lalu bacalah, jika kamu orang-orang yang benar.” (Q.S. Ali Imran/3: 93)

Jadi, kisah-kisah di dalam Al-Qur’an itu meluruskan kaum ahlul kitab yang telah banyak melakukan perubahan dan penyelewengannya terhadap kitab-kitab mereka.

  1. Kisah-kisah di dalam Al-Qur’an tersebut merupakan sebagai salah satu bentuk sastra yang enak didengar telinga dan pelajaran yang dapat meneguhkan hati.

Allah swt. berfirman:

لَقَدْ كَانَ فِيْ قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۗ مَا كَانَ حَدِيْثًا يُّفْتَرٰى وَلٰكِنْ تَصْدِيْقَ الَّذِيْ بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيْلَ كُلِّ شَيْءٍ وَّهُدًى وَّرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ

Sungguh, pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang yang mempunyai akal. (Al-Qur’an) itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya, menjelaskan segala sesuatu, dan (sebagai) petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. (Q.S. Yusuf: 12: 111)

Demikianlah urgensi atau manfaat kisah-kisah di dalam Al-Qur’an. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here