Umur Hewan Kurban yang Dianjurkan Rasulullah

0
122

BincangSyariah.Com –  Hari raya Idul Adha disebut juga hari raya kurban, sebab pada waktu itu umat Islam dianjurkan untuk berkurban hewan dan membagi-bagikannya kepada orang lain yang membutuhkan.

عن جابر قال رسول اﷲه صلی ﷲ عليه وسلم لا تذبحوا الا مسنۃ الا ان يعسر عليكم فتذبحوا جذعۃ من الضان

Dari Jabir, beliau mengatakan: Rasulullah Saw bersabda, “Janganlah kalian menyembelih kecuali hewan musinnah (unta berumur lima tahun lebih atau sapi berumur dua tahun lebih atau kambing berumur setahun lebih)  kecuali jika kalian kesulitan, maka kalian boleh menyembelih domba jadza’ah (berumur enam bulan lebih dan kurang dari setahun).” (HR. Muslim)

Imam Nawawi dalam al-Majmu’ menerangkan berdasarkan hadis di atas, syariat Islam telah menentukan ketentuan umur bagi hewan kurban dan tidak boleh menyembelih hewan yang lebih muda umurnya dari ketentuan tersebut. Sebab jika berkurban dengan hewan yang kurang umurnya, maka hewan yang disembelih tidak cukup disebut kurban.

Hal ini berdasarkan hadis lainnya, bahwa Abu Burdah mengatakan kepada Rasulullah

يا رسول الله إن عندي جذعة من المعز خير من مسنتين آذبحها؟ قال اذبحها ولن تصلح لغيرك وفي رواية: لاتجزئ عن أحد بعدك

Wahai Rasulullah aku memiliki hewan  berumur kurang dari setahun yang lebih baik dari dua ekor musinnah, apakah boleh aku sembelihnya (untuk kurban)?. Rasulullah bersabda, “Sebelihlah dan tidak boleh ada lagi selain kamu” dalam riwayat lain “Dan tidak tidak boleh orang lain setelahmu” (HR. Bukhari)

Ungkapan Rasulullah bahwa tidak boleh lagi setelah Abu Burdah, merupakan dalil yang melarang berkurban dengan domba di bawah umur setahun, sapi di bawah umur dua tahun dan unta di bawah umur lima tahun.

Baca Juga :  Ramadan di London: Dari Pola Hidup yang Berubah hingga Shalat Witir Beda Mazhab

Namun para ulama berbeda pendapat dalam mengartikan musinnah dan jaz’ah mengenai umur hewan yang disembelih.

Domba jadz’ah menurut Mazhab Hanafiyah dan Hanbali adalah domba berumur enam bulan, sedangkan menurut mazhab syafi’iyah dan malikiyah adalah domba berumur setahun. Sementara domba musinnah menurut mazhab hanafi, maliki dan hanbali adalah domba berumur setahun, sedang menurut mazhab syafi’i domba yang telah berumur 2 tahun.

Sapi musinnah adalah yang telah berumur dua tahun menurut mazhab hanafi, syafi’i dan hanbali. Adapun menurut mazhab maliki adalah sapi berumur 3 tahun. Sementara unta musinnah menurut keempat mazhab adalah unta yang telah berumur 5 tahun.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here