Tujuh Penghalang Terkabulnya Doa

1
1405

BincangSyariah.Com – Doa adalah ibadah yang tidak terikat waktu, ia bisa kita lakukan kapanpun dan dimanapun. Karenanya doa merupakan salah satu cara paling mudah bagi seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Sedangkan seseorang yang enggan berdoa dan meminta kepada-Nya termasuk orang yang sombong karena dengan demikian berarti ia merasa tidak membutuhkan pertolongan-Nya.

وَقَالَرَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhanmu berfirman: Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina. (QS. Ghafir : 60)

Maka berdasarkan ayat di atas sesungguhnya tidak ada doa yang tidak dikabulkan oleh Allah Swt. Namun jika doa  yang dipanjatkan seseorang belum juga terkabul, mungkin saja ia telah melakukan sesuatu yang dapat menghalangi terkabulnya doa.

Abu Layyist As-Samarqandi menyebutkan dalam tanbihul ghafilin bahwa setidaknya ada tujuh perkara yang bisa menghalangi terkabulnya doa seorang hamba, di antaranya ialah

Pertama, orang tersebut telah melakukan sesuatu yang menyebabkan amarah Allah Swt. sedangkan ia tidak merasa menyesal sama sekali apalagi bertaubat atas perbuatannya.

Kedua, mereka mengaku sebagai hamba Allah akan tetapi tidak melakukan tugasnya sebagai seorang hamba Allah. Yakni melaksanakan apa yang diperintahkan dan menjauhi laranganNya.

Ketiga, mereka membaca Alquran tapi tidak mentadaburi keagungan maknanya serta tidak mengamalkan ajaran di dalamnya.

Keempat,  mereka mengaku umat Nabi Muhammad tapi tidak mengikuti sunnahnya, serta tidak mengerti substansi ajaran dalam sunnahnya.

Kelima, mereka berkata dunia di sisi Allah tidaklah menyamai sayap nyamuk. Tetapi mereka merasa tenang dan puas memilikinya.

Keenam, mereka masih memakan makanan yang haram dan syubhat serta tidak bertaubat darinya.

Baca Juga :  Doa Ketika Sampai di Tempat Tujuan

Ketujuh,  mereka berkata akhirat itu lebih baik dari pada dunia. Tapi mereka tidak bersungguh-sungguh mencarinya mereka malah sibuk dengan dunia seakan-akan kekal di dalamnya, mereka pada dasarnya lebih memilih dunia daripada akhirat.

Demikianlah tujuh hal yang tanpa kita sadari dapat  menghalangi terkabulnya doa yang kita panjatkan kepada Allah Swt. Wallahu’alam.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here