Tradisi Tujuh Bulanan Kehamilan Ibu dalam Islam

1
1982

BincangSyarih.Com – Subtansi dari tujuh bulanan adalah mendoakan kehamilan seorang ibu. Berikut dalil hadisnya:

بَابُ مَا جَاءَ فِي دُعَائِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْبَرَكَةِ لِحَمْلِ أُمِّ سُلَيْمٍ مِنْ أَبِي طَلْحَةَ … وَقَدْ كَانَ أَصَابَهَا تِلْكَ اللَّيْلَةَ ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : « بَارَكَ اللهُ لَكُمَا فِي لَيْلَتِكُمَا » ، قَالَ : فَوَلَدَتْ لَهُ غُلاَمًا كَانَ اسْمُهُ عَبْدُ اللهِ ، قَالَ : فَذَكَرُوْا أَنَّهُ كَانَ مِنْ خَيْرِ أَهْلِ زَمَانِهِ (دلائل النبوة للبيهقي – ج 6 / ص 406)

Bab tentang riwayat doa Nabi Muhammad Saw dengan keberkahan untuk kehamilan Ummu Sulaim dari Abu Thalhah… Abu Thalhah bersetubuh dengannya, Kemudian Nabi Saw mendoakan: “Semoga Allah memberkati kalian berdua di malam kalian”. Ummu Sulaim melahirkan anak untuk Abu Thalhah, bernama Abdullah. Mereka menyebutkan bahwa Abdullah adalah termasuk orang terbaik di masanya” (HR Al-Baihaqi dalam Dalail an-Nubuwwah, 6/406)

Apakah tradisi tujuh bulanan tidak termasuk tabdzir? Di dalam Madzhab Syafi’iyah dijelaskan bahwa jika menghamburkan harta memiliki tujuan adalah diperbolehkan:

ﻭﺗﻀﻴﻴﻊ اﻟﻤﺎﻝ ﻭﺇﺗﻼﻓﻪ ﻟﻐﺮﺽ ﺟﺎﺋﺰ ﻣ ﺭ ﺳﻢ ﻋﻠﻰ ﺣﺞ

“Menyia-nyiakan harta karena ada tujuan adalah boleh” (Hawasyai Asy-Syarwani 3/115)

Apa tujuan dari ritual tujuh bulanan? Tentu sedekah di saat kehamilan. Hal semacam ini pernah dilakukan oleh keluarga Imam Ahmad ketika istrinya hamil, yang menjual perhiasannya dan laku sebesar 8.5 Dirham kemudian dibagi-bagikan saat istrinya hamil (Ibnu Al-Jauzi, Manaqib Ahmad bin Hanbal hal. 406-407)

Sedangkan yang dimaksud keharaman dalam 7 Bulanan hasil keputusan muktamar adalah melempar kendi yang berisi air, bukan 7 bulanannya. Apa tidak bertentangan dengan hasil Muktamar NU? Tentu tidak. Yang dilarang dalam muktamar NU sekali lagi jika sampai bertentangan dengan hukum Islam.

Baca Juga :  Mengenal Langgar Sebagai Tempat Pertama Belajar Huruf Hijaiyah

1 KOMENTAR

  1. You’ll be lifted plus your shape will likely be much fuller, causing you to feel more attractive than ever.
    You want to look fabulous within your lingerie and also by making the effort to obtain the right piece you may easily do so.
    Wearing lingerie can sometimes be a confidence thing and females
    don’t always feel safe doing it.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here