Tujuh Amalan yang Pahalanya Terus Mengalir Walaupun Orangnya Sudah Meninggal

0
3705

BincangSyariah.Com – Kenikmatan dunia hanyalah kenikmatan yang semu dan sementara. Terdapat kenikmatan yang abadi di akhirat kelak dengan cara kita melakukan amal saleh di dunia sebagai bekal di akhirat kelak. Hal ini karena dunia ini hanya sebagai ladang meraih keuntungan akhirat. Akan tetapi, banyak orang yang tak mengetahui hal itu, sehingga ia terlena dengan kenikmatan sesaat yang merugikan dirinya sendiri.

Bila manusia sadar akan tanggung jawab yang telah dibebankan kepadanya berupa perintah untuk beribadah dan bermuamalah (bergaul dengan orang lain) dengan akhlak yang baik, maka ia akan berusaha memacu diri untuk menyeimbangkan kebutuhan dunia dan akhirat. Urusan dunia penting, tetapi urusan akhirat tak kalah penting. (Baca: Amalan Agar Selalu Diridhai Allah, Baca Ini Pagi dan Sore)

Sebab itu, kita mesti memperbanyak amalan agar menjadi tabungan ketika meninggal kelak. Dalam hadis disebutkan ada beberapa amalan yang pahalanya mengalir terus, meskipun orangnya sudah meninggal, amalan itu sebagaimana disebutkan dalam riwayat Ibnu Majah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya amal perbuatan dan kebaikan orang mukmin setelah ia meninggal yaitu: Pertama, Ilmu yang disebarluaskan. Kedua, meninggalkan anak yang baik (shaleh). Ketiga, mewariskan Mushaf al-Qur’an. Keempat, Membangun masjid. Kelima, membangun rumah untuk orang yang berjuang di jalan Allah. Keenam, mengalirkan sungai. Ketujuh, mengeluarkan sedekah sebagian hartanya dikala sehat dan selama masih hidup. amalan-amalan itu akan bermanfaat setelah ia meninggal dunia.” (HR. Ibnu Majah).

Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan amalan yang bermanfaat setelah kematian di antaranya adalah selengkapnya di Islami.co

Baca Juga :  Bagaimana Suasana Alam Kubur? Ini Penjelasan Rasulullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here