Tradisi Ulama Mengkhatamkan Alquran

0
190

BincangSyariah.Com – Ramadan adalah bulan Alquran. Hal ini karena Alquran diturunkan pertama kali kepada Nabi Saw. tepat pada bulan Ramadan. Selain itu, Nabi Saw. setiap bulan Ramadan selalu mentradisikan melakukan tadarus Alquran, yakni Nabi Saw. membaca Alquran dan didengarkan langsung oleh Malaikat Jibril. Oleh karena itu, salah satu hal yang disunnahkan untuk mengisi ibadah di bulan Ramadan adalah memperbanyak membaca Alquran. Bahkan kalau bisa harus memiliki target minimal dapat mengkhatamkan Alquran di bulan ini.

Berbicara tentang mengkhatamkan Alquran, maka ulama salaf memiliki adat target yang berbeda-beda dalam mengkhatamkan Alquran. Kebiasaan ulama salaf tersebut telah diekspos oleh imam An Nawawi di dalam kitabnya Aladzkar sebagaimana berikut.

Sebagian dari ulama’ salaf ada yang biasa mengkhatamkan Alquran setiap dua bulan sekali. Ada pula yang mengkhatamkan satu bulan sekali, setiap sepuluh hari sekali, setiap delapan hari sekali dan mayoritas ulama salaf mengkhatamkan Alquran satu minggu sekali.

Selain itu ada pula yang mengkhatamkan Alquran setiap enam hari sekali, ada yang lima hari sekali, empat hari sekali, namun yang paling banyak setiap tiga hari sekali. Bahkan banyak pula dari ulama salaf yang mengkhatamkan Alquran selama sehari semalam satu kali, ada pula yang dua kali khataman dalam sehari, tiga kali khataman dalam sehari semalam dan bahkan ada pula dari sebagian mereka yang mampu mengkhatamkan delapan kali dalam kurun waktu sehari semalam. Yakni empat kali di malam hari dan empat kali di siang hari, diantara ulama yang mampu mengkhatamkan delapan kali tersebut adalah As Sayyid Al Jalil Ibnul Katib As Sufi ra.

Imam al Jalil Ahmad Addurqi meriwayatkan dari Manshur bin Zadzan bin Abbad At Tabi’i ra. mengatakan bahwa ia sering mengkhatamkan Alquran antara dhuhur dan asar, ia pun mampu mengkhatamkan di antara waktu maghrib dan isya’. Bahkan di bulan Ramadhan, ia mampu mengkhatamkan dua kali khataman antara waktu shalat maghrib dan isya’. Subhanallah, sungguh menakjubkan sekali, mungkin Allah Swt. telah melapangkan waktu untuk beliau sehingga mampu mengkhatamkan Alquran dalam waktu yang singkat menurut orang awam.

Baca Juga :  Berapa Lama Ulama Salaf Mengkhatamkan Alquran?

Imam Ibnu Abi Daud telah meriwayatkan dengan sanad yang shahih bahwa imam Mujahid ra. juga sering mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadhan di antara waktu maghrib dan isya. Bahkan tidak terhitung pula jumlahnya para sahabat yang dapat mengkhatamkan Alquran dalam satu rakaat. Di antaranya adalah sahabat Usman bin Affan, Tamim Addari dan Said bin Jubair. Demikianlah kebiasaan-kebiasaan dari para ulama’ salaf dalam mengkhatamkan Alquran. Apakah Anda sudah membuat target berapa kali khataman dalam bulan Ramadhan ini? Semoga saja sudah dan terealisasikan targetnya minimal satu kali khataman.

Wa Allahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.