BincangSyariah.Com- Ada sebuah tradisi paska Ramadhan yang dilakukan oleh para sahabat Nabi Muhammad Saw. dalam menyambut hari raya Idul Fitri.

Di antara tradisi tersebut adalah tradisi saling memberikan selamat atas datangnya hari raya idul fitri. Ucapan selamat tersebut mereka sampaikan dengan kata-kata “yaqabbalallhu minna wa minka”. Berdasarkan beberapa riwayat mengatakan bahwa tradisi ini sudah dilakukan oleh para sahabat sejak dulu kala pada masa Nabi Saw..

Sampai saat ini tradisi saling mengucapkan selamat tersebut diikuti masyarakat dan menjadi kebiasaan tiap kali menyambut kedatangan hari raya idul fitri, hari kemenangan setelah menahan hawa nafsu selama sebulan penuh di bulan ramadhan.

Ada beberapa riwayat yang menjelaskan mengenai tradisi sahabat saling mengucapkan selamat hari raya ini. Di antaranya riwayat imam Baihaqi dalam sunannya berikut ini:

عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ قَالَ: لَقِيتُ وَاثِلَةَ بْنَ الأَسْقَعِ فِي يَوْمِ عِيدٍ فَقُلْتُ: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ، فَقَالَ: نَعَمْ تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ، قَالَ وَاثِلَةُ: لَقِيتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَوْمَ عِيدٍ فَقُلْتُ: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ، فَقَالَ: نَعَمْ تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ.

Dari Khalid bin Ma’dan berkata, “Aku bertemu Watsilah bin al-asqa’ pada hari raya idul fitri lalu aku mengucapkan padanya ‘semoga Allah menerima ibadah aku dan kamu’.” Lalu Watsil pun bercerita, “Dulu aku bertemu Rasulullah Saw. pada hari raya idul fitri, lalu aku mengucapkan padanya ‘Semoga Allah menerima ibadahku dan engkau’, beliau pun menjawab, ‘Ya, semoga Allah menerima ibadahku dan engkau'”

Juga ditemukan dalam riwayat berikut ini:

أن محمد بن زياد، قال: كنت مع أبي أمامة الباهلي وغيره من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم فكانوا إذا رجعوا من العيد يقول بعضهم لبعض: تقبل الله منا ومنك

Baca Juga :  Syarat Khutbah Idulfitri

‘Muhammad bin Ziyad berkata, “Saat itu aku sedang bersama abu umamah al-bahili dan sahabat Nabi yang lainnya. Apabila pulang dari salat ied mereka akan saling mengatakan ‘semoga Allah menerima ibadah(selama ramadhan) aku dan engkau’.”

Imam Ahmad memberi keterangan bahwa riwayat dari Abu Umamah ini sanadnya bagus.

Riwayat lain juga disebutkan oleh Ibn Hajar al-Asqalani dalam Fathu al-Bari dari Jubair bin Nafir dengan sanad hasan.

عن جبير بن نفير قال:كان أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا التقوا يوم العيد يقول بعضهم لبعض: تقبل منا ومنك.

Dari Jubair bin Nafir berkata, “Dulu Sahabat Rasulullah Saw. jika saling berjumpa saat hari raya idul fitri mereka akan mengucapkan ‘taqabbalallahu minna wa minka’ (semoga allah menerima ibadahku dan engkau).”

Mengenai hal ini, menurut Ali bin Tsabit saat dia berumur 35tahun dia pernah bertanya kepada Imam Malik mengenai tradisi yang dilakukan sahabat Nabi Saw. tersebut. Lalu Imam Malik berkata, “Tradisi itu juga selalu dilakukan penduduk Madinah.”  Wallahu’alam.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here