Tips Buka Bersama

0
385

BincangSyariah.Com – Buka bersama atau bukber merupakan ajang silaturahmi yang tidak hanya dilakukan masyarakat perkotaan tapi juga masyarakat desa. Yang berbeda biasanya hanya tempat. Di kampung buka bersama dilakukan di masjid sedangkan di kota dilakukan di tempat-tempat makan seperti kafe, restoran, atau sejenisnya.

Di sini kita ingin berbagi tips bukber. Tujuannya agar bukber kita lancar dan ibadah sempurna.

Pertama, Cari tempat yang ada mushalla.

Usahakan tempat makan kalian memiliki fasilitas mushalla yang memadai. Karena waktu shalat maghrib itu cukup singkat hanya sekitar 1 jam. Jika masjidnya kecil kemungkinan untuk shalat tepat waktu akan sangat sulit, bahkan bisa-bisa tidak kebagian tempat shalat, karena harus antri dengan yang lain. Apalagi pengunjung tempat kalian bukber rema. Kelebihannya kalau mushallanya nyaman tingkat kekhusu’an shalat juga akan baik.

Kedua, Cari tempat yang enak dan nyaman buat makan dan ngumpul.

Di samping mushalla, tempat makan yang kita pilih juga harus enak. Baik makanan maupun fasilitas ngumpulnya. Agar kita nyaman untuk bercerita dan saling tukar informasi. Kalau tempatnya kurang nyaman pasti akan tidak nikmat, apalagi kita kan lagi nunggu waktu maghrib. Kata orang azan yang paling dirindukan di bulan Ramdhan adalah azan maghrib. Jadi tempat nunggunya juga harus istimewa.

Ketiga, Cepat booking tempatnya.

Sebelum datang kelokasi, pastikan tempatnya masih kosong dan cukup buat kalian. Sia-sia jika sudah sampai di lokasi, eh ternyata tempatnya dah penuh. Baiknya booking tempat mulai dari siang hari sekitar jam 12.00an. Bahkan jika memungkinkan pesan tempat sejak jauh-jauh hari, apalagi kalau kalian yang akan bukber banyak.

Keempat, ngumpul dulu sebelum buka.

Enaknya ngobrol itu dilakukan sebelum berbuka. Karena kalau sudah waktunya maghrib, sudah tidak konsen lagi untuk ngobrol. Kita fokus untuk makan dan shalat maghrib.

Kelima, Pilihlah tempat yang ekonomis.

Cari tempat yang sesuai dengan kemampuan kita. Usahakan tempat makan yang kita ambil tidak mewah. Yang akhirnya memberikan kesan membuang-buang uang atau boros.

Keenam, jangan lupa selfie

Setiap momen kumpul tak lengkap rasanya tanpa selfie. Selfie enaknya dilakukan sebelum berbuka, sekitar 5 menit sebelum azan maghrib. Seperti di atas, waktu maghrib itu singkat. Belum lagi ingin mengejar shalat tarawih. Karena jangan sampai karena bukber shalatnya malah keteterang.

Ketujuh, matikan hp saat sedang ngobrol. Biasanya kalau masing-masing kita ngumpul sambil megang hp, bukan yang dekat yang diajak ngobrol tapi malah yang jauh. Ini gak baik buat kualitas ngumpul-ngumpul kalian. Masa sudah jarang ngumpul, pas ngumpul gak dimanfaatkan dengan baik.

Kalau mau photo cukup pake satu hp aja. Pilih hp yang paling bagus, setelah itu nanti baru dikirim ke group kalian. Dan upload deh setelah kalian bukber.

Itu lah tujuh tips bukber dari kami yang bisa kita lakukan ketika mau bukber. Selamat bukber dan semoga amal puasa kita diterima Allah Swt. Amiin.

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here