Tiga Ritual yang Perlu Dilakukan saat Anak Baru Lahir

0
1418

BincangSyariah.Com – Dalam kitab Alfiqhul Islami Wa Adillatuhu, Syaikh Wahbah Azzuhaili menyebutkan beberapa ritual dalam Islam yang perlu dilakukan ketika menyambut kelahiran anak. Namun ada tiga ritual paling penting yang perlu dilakukan ketika anak baru lahir. Ketiga ritual tersebut sebagai berikut;

  1. Disunahkan bagi orang tuanya mengumandangkan azan pada telinga sebelah kanan dan iqamah pada telinga sebelah kirinya.

Ritual azan dan iqamah ini sudah pernah dilakukan Nabi Saw. pada saat Sayidah Fatimah melahirkan Sayyidina Hasan. Nabi Saw. mengumadangkan azan di telinga Sayidina Hasan sebelah kanan dan iqamah pada telinga sebelah kiri. Dalam hadis riwayat Imam Abu Daud disebutkan;

عن عبيد الله بن أبى رافع عن أبيه قال رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم أذن فى أذن الحسن بن علي حين ولدته فاطمة بالصلاة

Dari Ubaidillah bin Abi Rafi’, dari ayahnya, ia berkata: aku melihat Nabi Saw. mengumandangkan azan di telinga Husain bin Ali ketika Siti Fatimah melahirkannya  dengan azan shalat.”

Juga disebutkan dalam hadis riwayat Imam Baihaqi dari Ibnu Abbas, dia berkata;

ان النبي صلى الله عليه وسلم اذن في اذن الحسن بن علي يوم ولد واقام في اذنه اليسرى

“Sesungguhnya Nabi Saw. mengumandangkan azan di telinga sebelah kanan Sayidina Hasan, dan iqamah di telinga sebelah kirinya.”

  1. Membacakan surah Alikhlas pada telinga sebelah kanan.

Selain azan dan iqamah, disunahkan pula membacakan surah Alikhlas pada telinga sebelah kanan bayi. Hal ini dimaksudkan agar ajaran tauhid merupakan hal pertama yang didengar oleh bayi. Dalam kitab Musnad Ibnu Razin disebutkan;

انه صلى الله عليه وسلم قرا في اذن مولود سورة الاخلاص

“Sesungguhnya Nabi Saw. membacakan surah Alikhlas pada telinga anak yang baru dilahirkan.”

  1. Menbacakan doa di telinga sebelah kanan bayi.
Baca Juga :  Antara Cinta, Sufistik dan Kebatinan untuk Kemanusiaan yang Pudar

Mendoakan anak yang baru lahir sangat dianjurkan agar anak tersebut selamat terutama dari godaan setan. Di antaranya adalah membacakan doa yang terdapat dalam surah Ali Imran ayat 36 pada telinga sebelah kanannya.

إِنّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Inni u’idzuha bika wadzurriyyataha minasysyaithanir rajim

Artinya; “Aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari pada setan yang terkutuk.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here