Tiga Peristiwa Penting Ini Terjadi di Hari Jumat

0
493

BincangSyariah.Com – Hari Jumat merupkan hari mulia yang penuh dengan keberkahan. Pada hari tersebut doa-doa lebih mudah diijabah oleh Allah Swt. Oleh karena itu, seyogianya kita banyak melakukan amal-amal saleh pada hari Jumat. Selain itu, dalam sejarah tercatat bahwa ada peristiwa penting dalam sejarah manusia yang terjadi pada hari Jumat. Syekh Abu Bakar Syatha dalam I’anatut Thalibin berdawuh mengutip Habib Abdullah bin Alawi al-Hadad sebagaimana berikut.

(واعلم) أسعدك الله أن يوم الجمعة سيد الأيام، وله شرف عند الله العظيم، وفيه خلق الله آدم عليه السلام، وفيه يقيم الساعة، وفيه يأذن لأهل الجنة في زيارته، والملائكة تسمي يوم الجمعة يوم المزيد لكثرة ما يفتح الله فيه من أبواب الرحمة، ويفيض من الفضل، ويبسط من الخير.

Ketahuilah (semoga Allah berikan bahagia padamu) bahwa hari Jumat itu tuan daripada hari-hari lainnya. Hari Jumat mempunyai kemuliaan yang sangat agung. Pada hari ini tersebut, Allah menciptakan Adam, menentukan kiamat, dan memberikan izin pada hari tersebut untuk mendatangi surga untuk ahli surga. Oleh karena itu, malaikat menamai hari Jumat dengan yaumul mazid, karena banyak kasih sayang Allah yang dibuka pada hari tersebut. Allah meluberkan keanugerahan dan kebaikan-Nya.

Tiga peristiwa penting yang terjadi di hari Jumat. Pertama, pencipataan Nabi Adam. Kedua, proses terjadinya hari kiamat. Ketiga, ahli surga diizinkan masuk ke dalam surga. Wallahualam

Baca Juga :  Doa Ketika Masuk Masjid di Hari Jumat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here