Tiga Macam Jenis Kisah di dalam Al-Qur’an

0
122

BincangSyariah.Com – Saat membaca Al-Qur’an, pasti kita akan menjumpai ayat yang berisikan tentang kisah. Di dalam studi ilmu Al-Qur’an, ayat tentang kisah itu disebut dengan Qashashul Qur’an.

Qashashul Qur’an adalah informasi/cerita/kisah Al-Qur’an tentang keadaan-keadaan umat terdahulu, Nabi-nabi terdahulu, peristiwa-peristiwa yang telah terjadi (di masa lampau), sejarah-sejarah umat-umat terdahulu, penyebutan tentang negara-negara dan desa-desa, jejak-jejak setiap kaum, serta gambaran yang dapat dicerna akal tentang mereka.

Di dalam kitab Mabahits fi Ulumil Qur’an, Syekh Mana’ Al-Qaththan menjelaskan bahwa secara garis besar, ada tiga macam jenis kisah yang terdapat di dalam Al-Qur’an.

Pertama. Kisah-kisah para Nabi. Di dalam Al-Qur’an banyak sekali diceritakan kisah-kisah dakwah para nabi kepada kaumnya, mukjizat-mukjizat yang Allah swt. berikan kepada mereka, para penentang mereka, tahap-tahap dan perkembangan dakwah mereka, serta balasan bagi orang-orang yang mau mengimani mereka dan yang mendustai mereka. Contohnya adalah kisah Nabi Nuh a.s., Ibrahim a.s., Musa a.s., Harun a.s., Isa a.s., Muhammad saw., serta para nabi dan rasul lainnya.

Kedua. Kisah-kisah Al-Qur’an yang berhubungan dengan kejadian-kejadian masa lalu serta orang-orang yang bukan termasuk para nabi. Seperti kisah orang-orang yang keluar dari kampung halamannya, sedang jumlah mereka ribuan karena takut mati (Q.S. Al-Baqarah/2: 243), Kisah Thaluth dan Jaluth, anak-anak Nabi Adam a.s., Ashabul Kahfi, Dzul Qarnain, Qarun, Ashabus sabt, Maryam, Ashabul Ukhdud (orang-orang yang membuat parit, yakni para pembesar di Yaman yang zalim terhadap umat mukmin, Q.S. Al-Buruj/85: 4), pasukan bergajah (Q.S. Al-Fil/105: 1-5), dan kisah-kisah lainnya.

Ketiga. Kisah-kisah yang berhubungan dengan kejadian-kejadian yang terjadi pada masa Rasulullah saw., seperti perang Badar dan Uhud yang terdapat dalam surah Ali Imran, Perang Hunain dan Tabuk yang terdapat dalam surah At-Taubah, Perang Ahzab dalam surah Al-Ahzab, kisah hijrahnya Nabi saw., isra’ mi’raj, dan lain sebagainya.

Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Hukum Menyucikan Alquran yang Terkena Najis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here