Tiga Keutamaan Membaca Surah Al-Syams

0
1792

BincangSyariah.Com – Surah Al-Syams merupakan surah ke-91 (sembilan puluh satu) dalam Al-Quran. Surah ini terdiri dari 15 (lima belas) ayat, dan termasuk golongan surah Makkiyah. Menurut para ulama, surah Al-Syams diturunkan setelah surah Al-Qadr.

Surah Al-Syams ini memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Dalam kitab Lamahatul Anwar wa Nafahatul Azhar, Muhammad bin Abdul Wahid Al-Ghafiqi menyebutkan beberapa riwayat mengenai keutamaan surah Al-Syams ini.

Pertama, orang yang membaca surah Al-Syams setiap pagi, maka dia akan aman dari setiap sesuatu yang menakutkan. Hal ini berdasarkan riwayat berikut;

عن ابي بن كعب عن النبي صلى الله عليه وسلم قال من قرأ سورة والشمس وضحاها في كل غداة امن من كل خوف

Dari Ubay bin Ka’ab, dari Nabi Saw bersabda; Barangsiapa membaca surah ‘Wasy syamsi wa dhuhaha’ setiap pagi, maka dia akan aman dari setiap hal yang menakutkan.

Kedua, membaca surah Al-Syams pahalanya seperti bersedekah dengan seisi langit dan bumi. Ini berdasarkah riwayat berikut;

عن ابي بن كعب قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من قرأ سورة والشمس وضحاها فكأنما تصدق بكل شيئ طلعت عليه الشمس والقمر

Dari Ubay bin Ka’ab, dia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda; Barangsiapa membaca surah ‘Wasy syamsi wa dhuhaha’, maka seakan-akan dia bersedekah dengan segala sesuatu yang terbit atasnya matahari dan bulan.

Ketiga, mendapatkan ampunan dosa. Ini berdasarkan riwayat berikut;

روي عن النبي صلى الله عليه وسلم انه قال من قرأ سورة والشمس وضحاها غفرله ما غربت عليه الشمس وما طلعت

Diriwayatkan dari Nabi Saw bahwa beliau bersabda; Barangsiapa membaca surah ‘Wasy syamsi wa dhuhaha’, maka diampuni dosa yang tenggelam dan terbit atasnya matahari.

Baca Juga :  Madinah dan Indonesia: Nasionalisme yang Harus Kita Rawat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here