Tiga Benteng Orang-Orang Mukmin dari Gangguan Setan

0
1860

BincangSyariah.Com – Nashaihul ‘Ibad merupakan kitab karya imam Nawawi Al-Bantani yang berupa kitab syarah dari Al-Nubabbihat Ala Al-Isti’dad li Yaumil Ma’ad karya imam Ibnu Hajar Al-Asqalani. Kitab ini berupa nasihat-nasihat yang dirangkum dari sabda-sabda Nabi saw. maupun nasihat-nasihat dari para sahabat, tabi’in, dan ulama.

Di antara nasihat yang termaktub adalah nasihat dari Ka’ab bin Al-Ahbar; mantan tokoh dari kalangan Yahudi yang masuk Islam di zaman sayyidina Umar bin Al-Khattab r.a. Ka’ab mengatakan bahwa benteng-benteng orang-orang mukmin yang dapat melindunginya dari setan-setan itu ada tiga.

Pertama adalah masjid. Masjid dapat menjadi benteng pelindung bagi orang-orang mukmin dari setan karena ia merupakan tempatnya orang-orang yang mengingat Allah swt. atau berdzikir dan juga tempatnya para malaikat.

Kedua adalah dzikirullah (mengingat Allah). Imam Nawawi Al-Bantani menjelaskan bahwa setan akan lenyap jika mendengar dzikrullah. Terutama dzikir la haula walaa quwwata illaa billaah (Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah).

Ketiga adalah bacaan Al-Qur’an. Bacaan Al-Qur’an juga dapat melindungi orang-orang mukmin dari setan, terutama ayat kursi.

Demikianlah tiga hal yang dapat menjadi benteng bagi orang-orang mukmin untuk melindunginya dari setan-setan, yakni masjid, dzikir kepada Allah swt., dan bacaan Al-Qur’an. Wa Allahu A’lam bis shawab.

Baca Juga :  K.H. Abdul Karim Lirboyo: Ahli Ilmu yang Menyembunyikan Kealimannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here