Tiga Alasan Kenapa Umat Islam Harus Bershalawat kepada Rasul

0
858

BincangSyariah.Com – Bershalawat kepada Nabi Muhammad merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Bahkan Allah dan para malaikat juga melakukan hal tersebut. Sebagaimana Allah Swt bersabda

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (QS. Al-Ahzab: 56)

Pertama, bershalawat kepada Nabi merupakan wasilah ampunan dari Allah Swt dan terkabulnya hajat. Sebagaimana Rasul pernah menjelaskan dalam sebuah hadis bahwa setiap orang yang bershalawat atasnya akan diampuni  sepuluh dosa  dan diangkat sebanyak 10x derajat (HR. Nasai)

Kedua, shalawat yang kaum muslim haturkan kepada beliau tidak untuk Rasul semata akan tetapi akan kembali kepada orang yang bershalawat. Sebab Rasulullah merupakan kekasih Allah yang makshum sehingga sejatinya shalawat tersebut hanyalah sebagai bentuk rahmat kepada umatnya. Sebagaimana disebutkan dalam Riyadh al-Shalihin, bahwa setiap yang bershalawat satu kali kepada Rasul maka Allah akan bershalawat atasnya sepuluh kali.

Ketiga, Rasulullah merupakan sosok yang telah membawa umat manusia dari zaman kegelapan menuju zaman yang penuh dengan cahaya islam. Maka sudah selayaknya kita menghaturkan shalawat atasnya. Karena itulah, jelas Ibnu Qayyim dalam Majmu’ al-Fatawa, Allah memerintahkan umat Islam bershalawat untuk kekasihnya setelah mengabarkan bahwa Dirinya dan para Malaikat telah bershalawat untuk Nabi Muhammad.

Wallahu’alam.

Baca Juga :  Generasi Milenial, Belajarlah Mengisi Masa Mudamu dari Rasululah


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here