Tidak Ada Pedendam di Surga

0
323

BincangSyariah.Com – Hadis kedua belas dalam kitab al-Mawa’idh al-‘Ushfuriyyah mengisahkan hikayat yang diriwayatkan dari Ikrimah ra. Beliau berkata bahwa suatu ketika Sayyidina Abbas ra. bertanya pada Nabi Muhammad Saw. tentang salah satu firman Allah Swt. dalam Qs. Al-Hijr (15) : 47, yaitu:

وَنَزَعْنَا مَا فِيْ صُدُوْرِهِمْ مِّنْ غِلٍّ اِخْوَانًا عَلٰى سُرُرٍ مُّتَقٰبِلِيْنَ

Dan Kami lenyapkan segala rasa dendam yang ada dalam hati mereka; mereka merasa bersaudara, duduk berhadap-hadapan di atas dipan-dipan.

Sayyidina Abbas ra. kurang paham dengan maksud ayat di atas sehingga bertanya langsung pada Baginda Nabi Muhammad Saw. Beliau langsung menanggapi pertanyaan pamannya tersebut (Sayyidina Abbas ra. adalah saudara ayah beliau, Sayyid Abdullah). Beliau bersabda,

اذا كان يوم القيامة يؤتى بسرير من يقوتة حمراء عشرين ميلا في عشرين ليس فيه صدع ولا فصل معلق بقدرة الله الجبار جل جلاله فيجلس عليه ابو بكر الصديق رضي الله تعالى عنه ثم يؤتى بسرير من يقوتة صفراء على صفة السرير الاول

فيجلس عليه عمر بن الخطاب رضي الله تعالى عنه ثم يؤتى بسرير من يقوتة خضراء على صفة السرير الاول فيجلس عليه عثمان ابن عفان رضي الله تعالى عنه ثم يؤتى بسرير من يقوتة ابيض على صفة السرير الاول

فيجلس عليه علي بن ابي طالب كرم الله وجهه ثم يأمر الله تعالى الاسرة ان تطير بهم في الهواء فطارت بهم الاسرة الى تحت ظل العرش الله فتأتي عليهم من خيمة من الدر الطيب لو جمعت اهل السموات والارض السبع ومل ما فيهما من خلق الله تعالى لكانت في زواية من زوايا تلك الخيمة ثم يدفع اربع كأسات كأس لابي بكر وكأس لعمر وكأس لعثمان وكأس لعلي رضوان الله تعالى عليهم اجمعين فيسقون الناس

Baca Juga :  Gambaran Kenikmatan Surga di Akhirat

Saat hari kiamat tiba, didatangkan ranjang (1) berwarana merah yang terbuat dari intan permata. Panjangnya 20 mil (x 20 mil, tidak terbelah atau terputus sama sekali. Lalu Sayyidina Abu Bakar mendudukinya.

Kemudian didatangkan lagi ranjang (2) berwarna kuning, seperti yang pertama untuk Sayyidina Umar Ra. Didatangkan lagi ranjang (3) berwarna hijau, seperti yang pertama untuk Sayyidina Utsman ra. Lalu didatangkan lagi ranjang (4) putih, sebagaimana yang pertama untuk Sayyidina Ali. ra.

Kemudian Allah Swt. memerintah keempat ranjang tersebut untuk terbang hingga ke bawah Arasy. Lalu Allah Swt. datangkan untuk mereka 4 tenda yang terbuat dari intan nan indah. Andaikan penduduk langit dan bumi beserta seluruh yang ada di dalamnya berkumpul, maka niscaya ia hanya memenuhi satu sudut tenda. Lalu mereka, Sayyidina Abu Bakar, Uamar, Utsman, dan Ali ra. dikasih 4 gelas untuk memberi minum seluruh manusia.

Artinya, semua umat manusia kelak akan duduk bersama para sahabat. Umat islam akan minum dari telaga kautsar dengan diambilkan oleh salah satu sahabat yang empat, yakni  khulafaurrasyidin. Semoga Allah Swt. selalu meridloi para sahabat nabi. Amin.

Adapun dalam Tafsir Jalalain Juz 1/hal 213 disebutkan bahwa orang tidak akan memiliki rasa dendam atau dengki di surga. Mereka akan saling berhadap-hadapan, namun mereka akan fokus pada diri masing-masing. Mereka tidak bisa melihat pada tengkuk orang lain.

Sungguh, betapa beruntungnya orang yang masuk surga. Ia akan mendapatkan segala-galanya di sana. Sebaliknya, betapa celakanya orang yang terpelosok ke jurang neraka (naudzubillah). Sekecil apapun kebaikan dan keburukan yang dilakukan, kelak di akhirat pasti akan mendapatkan balasan yang setimpal.

Selama masih ada iman dalam hati, walau ia harus tercebur ke neraka, masih ada harapan untuk keluar dari neraka. Nabi Muhammad Saw. bersabda,

Baca Juga :  Dua Mata yang Tidak Disentuh Api Neraka

لا يبقى في النار من كان في قلبه مثقال من خرذل من الايمان

Tidak akan kekal di neraka, mereka yang dalam hatinya masih terdapat cahaya iman walau hanya seberat biji sawi.

Imam Muhammad Bin Abu Bakar dalam kitabnya ini menjelaskan bahwa orang-orang kafir dan ahli maksiat akan dibakar oleh panasnya api neraka. Allah Swt. memberikan kesempatan pada mereka untuk melihat kebahagian ahli surga. Mereka berkata “Mereka adalah orang-orang yang berbahagia.” Setelah itu, mereka dikembalikan lagi ke dasar api neraka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here