Terkubur 31 Tahun, Jasad Kiai NU Masih Tetap Utuh

0
402

BincangSyariah.Com – Meski terkubur 31 tahun, jenazah almarhum Kiai Anwar Subagyo, mantan Rois Syuriah PCNU kabupaten Blitar periode 1982-1987 itu, terlihat masih utuh. Hal tersebut diketahui saat jenazah kiai NU itu hendak dipindahkan dari pemakaman umum desa ke makam keluarga di lingkungan masjid pondok pesantren.

Moh Munib, putra almarhum Kiai Anwar, membenarkan kabar tersebut. “Benar itu makam bapak saya, saya melihat sendiri jasadnya masih utuh.” katanya seperti dilansir dari dalam SindoNews.

Menurut Munib, kemungkinan utuhnya jenazah sang ayah karena beliau adalah sosok yang saring berzikir. Apalagi memang kedua tarekat yang dipimpinnya rutin menggelar zikir bersama setelah subuh dan maghrib. Ritual tersebut juga ia tularkan kepada anak-anaknya semasa hidup.

Selama hidup, beliau mendedikasikan hidup sebagai pengasuh pondok pesantren Tambakan, di daerah Gandusari Blitar dan dikenal sebagai guru tarekat Mu’tabarah Ahmadiyah dalam naungan Nahdlatul Ulama dan sesepuh tarekat Qadariyah wa Naqsyabandiyah.

“Abah itu setahu saya gak pernah ibadah yang khusus hanya sering memimpin zikir di jemaah tarekatnya. Beliau selalu berzikir di setiap aktivitasnya, itu juga yang diajarkan kepada kami anak-anaknya,” kenang Munib.

Diketahui ketika kematian Kiai Anwar saat beliau mengimami shalat subuh berjamaah di Masjid Baitul Rauf di lingkungan Pondok Pesantren pada tahun 1988.

Atas izin keluarga besar, makam kiai Anwar dipindahkan ke makam keluarga pada kamis lalu (14/3) ke lingkungan Masjid ponpes. Proses pemimdahan tersebut diinisiasi para santri dan atas izin tokoh agama dan masyarakat setempat.

Baca Juga :  Telaah Hadis; Orang yang Menyalatkan janazah akan Mendapatkan Syafaat Nabi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here