Tempat Siti Khadijah Dimakamkam

0
5

BincangSyariah.Com – Siti Khatijah binti Khuwailid bin Asad merupakan istri pertama Nabi Saw. Ia merupakan istri yang paling lama bersama Nabi Saw. Menurut para ulama, Siti Khadijah bersama Nabi Saw selama dua puluh lima tahun, dan sebagian lagi mengatakan dua puluh empat tahun, terhitung sejak Nabi Saw menikahinya saat beliau berusia dua puluh lima (25) tahun hingga beliau berusia lima puluh (50) tahun saat Siti Khadijah meninggal.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab ‘Umdatul Qari Syarh Shahih Al-Bukhari berikut;

قال ابو عمر وكانت اذ تزوجها رسول الله صلى الله عليه وسلم بنت اربعين سنة واقامت معه اربعا وعشرين سنة

Abu Umar berkata; Sementara Siti Khadijah ketika dinikahi Rasulullah Saw berusia empat puluh tahun dan ia bersama beliau selama dua puluh empat tahun.

Menurut para ulama, Khadijah meninggal di bulan Ramadhan dan hanya berjarak tiga hari dari wafatnya Abu Thalib. Karena itu, tahun kesepuluh kenabian disebut dengan ‘amul huzn atau tahun duka bagi Nabi Saw. Ini karena dua orang kesayangan Nabi Saw, yaitu Abu Thalib dan Siti Khadijah, meninggal di tahun yang sama dalam waktu yang sangat berdekatan. (Baca: Hikmah di Balik Siti Khadijah dan Abu Thalib yang Wafat di Tahun yang Sama)

Disebutkan bahwa Siti Khadijah wafat setelah Nabi Saw dan keluarganya mengalami pemboikotan ekonomi dari kaum Quraisy. Pemboikotan ini diberlakukan kepada semua Bani Hasyim dan Bani Muththalib, klan Nabi Saw. Setelah pemboikotan ini selesai, tak berselang Siti Khadijah wafat.

Kemudian tempat Siti Khadijah dimakamkan itu di gunung Hujun. Saat ini, gunung Hujun lebih terkenal dengan Al-Ma’la, tempat pemakaman di Mekkah Al-Mukarramah. Pada saat pemakaman, Nabi Saw menurunkan sendiri jenazah Siti Khadijah ke liang lahad, tempat Siti Khadijah dimakamkan dan beristirahat untuk terakhirnya. Ini menandakan bahwa Nabi Saw sangat memuliakan dan menghormati jenazah Siti Khadijah.

Baca Juga :  Khilafiyah Tanggal Kelahiran Nabi

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab ‘Umdatul Qari Syarh Shahih Al-Bukhari berikut;

قال ابو عمر يقال انها توفيت بعد موت ابي طالب بثلاثة ايام في شهر رمضان ودفنت في الحجون

Abu Umar berkata; Dikatakan bahwa Khadijah meninggal setelah wafatnya Abu Thalib dengan jarak tiga hari di bulan Ramadhan dan dimakamkan di Gunung Hujun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here