Tempat Kakek Nabi Muhammad Abdul Muththalib Dimakamkan

0
30

BincangSyariah.Com – Di antara orang yang mengasuh dan merawat Nabi Saw adalah kakeknya, yaitu Abdul Muththalib. Ia mengasuh Nabi Saw setelah ibunya, Aminah, meninggal saat usia beliau enam tahun.

Dalam kitab-kitab sirah disebutkan bahwa Abdul Muththalib tidak lama mengasuh dan merawat Nabi Saw. Ia mengasuh Nabi Saw hanya dua tahun karena ketika beliau berusia delapan tahun, ia meninggal dan kemudian Nabi Saw diasuh oleh pamannya Abu Thalib. (Baca: Usia Nabi Muhammad Saat Abu Thalib Meninggal)

Ini sebagaimana disebutkan oleh Ibn Al-Qayyim Al-Jauziyyah dalam kitab Zaadul Ma’ad fi Hadyi Khairil ‘Ibad berikut;

وكفله جده عبد المطلب، وتوفي ولرسول الله صلى الله عليه وسلم نحو ثمان سنين، ثم كفله عمه أبو طالب

Kemudian yang merawat Nabi Saw adalah Abdul Muththalib, dan ia wafat ketika Nabi Saw berusia sekitar delapan tahun, lalu beliau dirawat oleh pamannya Abu Thalib.

Menurut para ulama, Abdul Muththalib dimakamkan di gunung Hujun di kota Mekkah, bersebelahan dengan makam kakeknya Qushay bin Kilab. Saat ini, gunung Hujun lebih terkenal dengan Al-Ma’la, tempat pemakaman di Mekkah Al-Mukarramah.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Sirah Al-Halbiyah sebagai berikut;

وقد قيل له صلى الله عليه وسلم: يا رسول الله أتذكر موت عبد المطلب؟ قال نعم وأنا يومئذ ابن ثمان سنين وعن أم أيمن أنها كانت تحدث أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يبكي خلف سرير عبد المطلب وهو ابن ثمان سنين ودفن بالحجون عند جده قصيّ.

Dikatakan kepada Rasulullah Saw; Wahai Rasulullah, apakah engkau ingat tentang kematian Abdul Muththalib? Beliau menjawab; Iya, dan saya waktu berusia delapan tahun. Juga dari Ummu Aiman, dia berkisah bahwa Rasulullah Saw menangis di dekat ranjang Abdul Muththalib dan waktu itu ia berusia delapan tahun. Abdul Muththalib dimakamkan di gunung Juhun di sampung kakeknya Qushay.

Baca Juga :  Usia Nabi Muhammad Saat Kakeknya Abdul Muththalib Meninggal

Adapun mengenai usia Abdul Muththalib sendiri ketika ia wafat, para ulama berbeda pendapat dalam masalah ini. Sebagian ulama mengatakan bahwa Abdul Muththalib wafat pada usia sembilah puluh lima (95) tahun, sebagian mengatakan usia seratus sepuluh (110) tahun, dan sebagian lagi mengatakan usia seratus empat puluh (140) tahun.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Sirah Al-Halbiyah berikut;

توفي عبد المطلب وله من العمرخمس وتسعون سنة، وقيل مائة وعشرون، وقيل وأربعون

Abdul Muththalib meninggal pada usia 95 tahun, sebagian mengatakan 110 tahun, sebagian mengatakan 140 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here