Tempat Ibunda Nabi Muhammad Dimakamkan

0
27

BincangSyariah.Com – Aminah binti Wahb adalah ibunda Nabi Muhammad Saw. Ia lahir dari keluarga terpandang dan baik dari suku Quraisy. Ayahnya merupakan sesepuh dan ketua Bani Zuhroh yang mempunyai nasab dan kedudukan tinggi. Ibunya bernama Barrah binti ‘Abdil ‘Izzi bin Utsman bin Abdid Dar bin Qushai bin Kilab. Selain itu, Aminah sendiri dikenal memiliki kepribadian yang baik dan mulia. (Baca: Wafatnya Aminah: Ibunda Nabi Muhammad saw.)

Dalam kitab Al-Thabaqatul Kubro, Muhammad bin  Sa’d menyebutkan sebuah riwayat bahwa ibunda Nabi Muhammad Saw, Aminah binti Wahb, wafat di kampung Al-Abwa’, kampung yang terletak antara Mekkah dan Yatsrib (Madinah). Dan, Aminah juga dimakamkan di kampung tersebut.

Muhammad bin Sa’d menyebutkan bahwa awal mula wafatnya ibunda Nabi Muhammad Saw, Aminah binti Wahb, di kampung Al-Abwa’ adalah sebagai berikut; Pada saat Nabi Muhammad Saw berumur enam tahun, dia diajak oleh ibundanya, Aminah, untuk pergi ke Yatsrib dalam rangka bersilaturrahim pada paman-paman ayah Nabi Saw dari jalur ibunya, yaitu Bani ‘Adi bin Al-Najjar.

Untuk menemani perjalanannya ke Yatsrib, Aminah juga mengajak serta Ummu Aiman atau Barakah, budak warisan dari suaminya, Abdullah. Mereka, Aminah, Ummu Aiman, dan Nabi Saw, ikut serta bersama dengan sebuah kafilah untuk sampai di Yastrib dengan membawa dua unta. Aminah menaiki untanya sendiri, sementara Ummu Aiman bersama Nabi Saw menaiki unta yang satunya lagi.

Sesampainya di Yatsrib, mereka bertiga tinggal di rumah paman ayahnya yang dikenal dengan sebutan Dar Al-Nabighah. Di rumah ini ayah Nabi Saw, Abdullah, dimakamkam. Mereka tinggal di rumah ini selama satu bulan.

Setelah satu bulan berlalu, mereka akhirnya pulang kembali ke Makkah. Namun ketika sampai di kampung Al-Abwa’, ibunda Nabi Saw, Aminah, jatuh sakit. Ini menjadi momen kebersamaan Nabi Saw dengan ibundanya yang terakhir. Karena beberapa saat setelah menahan rasa sakit, Aminah akhirnya wafat dan dimakamkan di kampung Al-Abwa’ tersebut.

Baca Juga :  Merupakan Akhlak Tercela, Ini Kisah Ulama yang Ingin Selalu Dihormati

Kemudian setelah itu, Ummu Aiman membawa Nabi Saw pulang sampai ke Mekkah dengan dua unta yang mereka gunakan pergi ke Yatsrib. Tidak hanya itu, Ummu Aiman juga ikut serta merawat Nabi Saw bersama dengan kakeknya, Abdul Muththalib.

Menurut Muhammad bin Sa’d, riwayat yang menyebutkan bahwa ibunda Nabi Muhammad dimakamkan di Mekkah adalah riwayat yang salah, karena ibunda Nabi Muhammad dimakamkan di Al-Abwa’, salah satu pedesaan di kota Makkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here