Telinga Berdengung, Pertanda Ada Seseorang Membicarakan Kita?

0
2643

BincangSyariah.Com – Terkadang seseorang menjadikan apa yang terjadi pada dirinya sebagai pertanda akan sesuatu, seperti ketika telinga berdengung. Ternyata dalam sebuah hadis dikatakan bahwa hal itu isyarat ketika ada seseorang yang berbicara tentang kita. (Baca: Anjuran Mengumandangkan Adzan pada Telinga Orang yang Sedang Sedih)

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Ibnu Sunni dari Abi Rafi’ ra, seorang budak Rasulullah dia berkata,

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إذا طنت أذن أحدكم فليذكرني وليصل عليّ، وليقل ذكر الله بخير من ذكرني

bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Jika telinga seseorang di antara kalian berdengung, sebutlah aku dan bershalawatlah kepadadu, dan bacalah; dzakarallaahu bikhairin man dzakaranii (Semoga Allah menyebutkan kebaikan dari yang mengingatku).” (HR. Thabrani)

Selain diriwayatkan oleh Ibnu Sunni, hadis ini juga diriwayatkan oleh Thabrani dalam Mu’jam al-Kabir. Dalam kitab Majma’ al-Zawaid, Al-Haitsami menyebut sanad hadis tersebut hasan. Namun al-Iraqi mendhaifkan hadis tersebut ketika ia mentakhrij hadis-hadis dalam kitab Ihya Ulumuddin.

Namun meski demikian, hadis tersebut termasuk dalam daftar doa-doa dalam kitab Al-Azkar karangan Imam Nawawi. Jadi sekalipun ada perselisihan dalam kualitas hadis tersebut, masih boleh diamalkan sebatas untuk fadhail al-‘amal.

Sebagaimana dalam Tuhfatul Dzakirin juga disebutkan, bahwa dianjurkan membaca doa tersebut ketika kuping berdengung agar ketika seseorang membicarakan kita, ia akan menyebut tentang kebaikan kita saja. Wallahu’alam.

Baca Juga :  Kisah Imam Al-Ghazali Dibegal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here