Telaah Hadis; Orang yang Menyalatkan janazah akan Mendapatkan Syafaat Nabi?

0
689

BincangSyariah.Com – Menyalatkan janazah termasuk perkara yang hukumnya fardhu kifayah, yaitu jika telah ada sekelompok orang yang melaksanakannya maka gugur kewajiban yang lain. Akan tetapi terdapat pahala yang sangat agung bagi siapa saja yang ikut menyalati janazah.

Semakin banyak yang shalat dan mendoakan kebaikan bagi janazah, maka mereka juga akan mendapatkan syafaat. Sebagaimana dikatakan dalam hadis berikut

عن عائشة، عن النبي صلى الله عليه وسلم: ما من ميت تصلى عليه أمة من المسلمين يبلغون مائة، كلهم يشفعون له إلا شفعوا فيه

Dari Aisyah Ra, Nabi Muhammad Saw bersabda, “Tidaklah seorang janazah yang dishalati sekelompok orang muslim yang mencapai 100 orang, semuanya memintakan syafaat untuk janazah, kecuali mereka akan mendapatkan syafaat (pula). (HR. Muslim)

Memintakan syafaat untuk janazah maksudnya adalah mendoakan agar ampunan dan kasih sayang Allah selalu dilimpahkan bagi janazah. Atas doanya untuk si mayit itulah, maka orang-orang yang menyalati janazah akan diganjar dengan syafaat Nabi.

Namun dalam riwayat Imam Muslim lainnya, syafaat Rasulullah akan didapatkan meski yang menyalati janazah tidak sampai seratus orang. Meskipun hanya 40 orang saja. Sebagaimana dikatakan dalam hadis berikut

عن عبد الله بن عباس، سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: ما من رجل مسلم يموت فيقوم على جنازته أربعون رجلا لايشركون بالله شيئا إلا شفعهم الله فيه

Dari Abdullah bin Abbas, “Aku mendengar Rasulullah bersabda, ‘Tidaklah seorang muslim meninggal kemudian menyalati janazahnya 40 orang yang tidak menyekutukan Allah kecuali Allah akan memberi mereka syafaat.” (HR. Muslim)

Ibnu Batthal dalam Syarah al-Bukhari menjelaskan, yang membuat mereka mendapatkan syafaat adalah karena salah seorang dari seratus atau empat puluh itu saat mendoakan mayit, doanya dikabulkan oleh Allah. Maka dari itu semakin banyak yang mendoakan kebaikan bagi mayit maka semakin besar kemungkinan mereka akan mendapatkan syafaat.

Baca Juga :  K.H. Turaichan Adjhuri: Ulama Ahli Falak dari Kudus

Maka dari itu, ketika menyalati janazahdisunnahkan pula mendoakannya dengan kebaikan, dan memohonkan ampunan untuknya. Semakin banyak yang menyalati maka semakin banyak doa-doa yang dipanjatkan, sehingga Allah Swt pun akan memberikan syafaatnya kepada orang-orang yang menyalatinya. Demikianlah pahala yang dijanjikan untuk orang-orang yang ikut menyalati janazah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here