Taman-taman Surga yang Ada di Dunia Menurut Rasul

0
1284

BincangSyariah.Com – Dalam sebuah hadis, Rasulullah menyebutkan bahwa di dunia ini terdapat taman-taman surga. Malaikat pun ketika mendapatinya akan mengerumuni taman tersebut. Apakah itu? Dalam sebuah hadis disebutkan

إذا مررتم برياض الجنة فاتعوا. قالوا وما رياض الجنة يا رسول الله؟ قال حلق الذكر فإن لله تعالى سيارات من الملائكة يطلبون حلق الذكر فإذا أتوا عليهم حفوا بهم

“Apabila kalian melewati taman-taman surga, maka beristirahatlah kalian (di sana).” Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah apakah yang dimaksud dengan taman-taman surga itu?” Beliau menjawab, “halqah-halqah (majelis-majelis) zikir, karena sesungguhnya Allah Swt mempunyai iringan para malaikat yang ditugaskan mencari halqah-halqah zikir. Apabila mereka mendaangi suatu halqah zikir, maka mereka mengerumuninya (bergabung dengan mereka).” (HR. Tirmidzi & Baihaqi)

Dalam riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim juga disebutkan hadis senada

خرج رسول الله صلى الله عليه وسلم على حلقة من أصحابه. فقال” ما أجلسكم؟ قالوا جلسنا نذكر الله تعالى ونحمده على ما هدانا للإسلام ومنّ به علينا، قال: آلله  ما أجلسكم إلا ذاك؟ قالوا والله ما أجلسنا إلا ذاك، قال: أما إني لم أستحلفكم تهمة لكم ولكنه أتاني جبريل فأخبرني أن الله تعالى يباهي بكم الملائكة

Rasulullah Saw keluar menuju sebagian sahabatnya yang membentuk suatu halqah zikir. Beliau bersabda, “Apakah yang menyebabkan kalian duduk-duduk membentuk halqah ini?” Mereka menjawab, “Kami duduk-duduk untuk berzikir kepada Allah dan memuji-Nya atas karunia-Nya yang telah menunjukkan kami kepada Islam dan menganugerahkan Islam kepada kami.”beliau bersabda, “apakah hanya karena Allah kalian melakukan ini? Ingatlah, sesungguhnya aku tidak bermaksud untuk melancarkan suatu tuduhan terhadap kalian, melainkan telah datang kepadaku Malaikat Jibril lalu ia memberitahukan kepadaku bawha Allah membanggakan kalian di kalangan para malaikat.” (HR. Bukhari & Muslim)

Baca Juga :  Imam Abu Hanifah dan Khawarij

Imam Nawawi berdasarkan hadis di atas menerangkan, sunnah hukumnya duduk berkumpul untuk berzikir bersama. Rasulullah bahkan menyebut majelis-majelis zikir laksana taman-taman surga yang ada di dunia.

Hadis ini menunjukan bahwa berzikir bersama bukanlah perkara yang bid’ah. Melakukan ibadah bersama selain disunnahkan juga memiliki nilai sosial yang lebih tinggi, sebab dapat mempererat silaturahmi dengan kerabat maupun tetangga.

Adapun zikir yang dilantunkan bisa zikir apa saja sebagaimana yang diajarkan Rasulullah dalam banyak kesempatan kepada para sahabatnya. Bisa dengan tasbih, tahmid, takbir dan tahlil. Wallahu’alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here