Tafsir Mimpi Wudhu dan Tayamum Menurut Ulama

0
4813

BincangSyariah.Com – Wudhu merupakan wasilah seseorang untuk melakukan ibadah wajib maupun sunah agar dapat sah saat dilaksanakan. Misalnya, saat kita hendak shalat wajib maupun sunnah, kita harus berwudhu terlebih dahulu untuk menyucikan jiwa kita. Begitupun saat kita hendak memegang Al-Qur’an untuk dibaca, kita pun harus berwudhu terlebih dahulu. Namun bagaimana jika kita mimpi wudhu? Adakah tafsiran mimpi wudhu menurut ulama? Terkait hal ini, Imam Ibnu Sirin dalam Muntakhab al-Kalam fi Tafsir al-Ahlam menjelaskan berbagai macam tafsiran mimpi wudhu sebagai berikut:

ومن رأى كأنه يتوضأ أو دخل في الصلاة خرج من الهموم وشكر الله تعالى على الفرج

Orang yang bermimpi wudhu atau melakukan shalat, ia akan keluar dari kegalauan dan bersyukur pada Allah atas kelapangan.

ومن رأى كأنه يتوضأ بما لا يجوز الوضوء به فهو في هم ينتظر الفرج ولا يناله

Orang yang bermimpi wudhu dengan sesuatu yang tidak semestinya untuk berwudhu, ia akan berada pada kegalauan yang akan segera berakhir, namun sulit mendapatkannya.

وإن رأى تاجر أنه يصلي بغير وضوء فإنه يتجر من غير رأس مال

Pengusaha yang bermimpi shalat tanpa berwudhu itu pertanda ia berbisnis tanpa cukup modal.

ومن رأى أنه يصلي بغير وضوء في مكان لا تجوز الصلاة فيه فإنه متحير في أمره لا يجد منه خلاصا

Orang yang bermpim shalat tanpa wudhu di tempat di mana terlarang shalat di situ itu pertanda ia orang yang bingung yang sulit menemukan jalan keluar.

Menurut Imam Ibnu Sirin, mimpi wudhu itu bagaikan amanat yang harus dijaga, utang yang harus dibayar, dan saksi yang akan membantunya. (Baca: Mimpi Gigi Copot dan Maknanya Menurut Ulama)

Baca Juga :  Alqamah: Pemuda yang Rajin Ibadah namun Sulit Meninggal

Dalam sebuah riwayat hadis dari Abdurrahman bin Samurah bahwa Nabi Muhammad saw. pernah bermimpi melihat salah satu dari umatnya itu ditimpa azab kubur. Ternyata ia diselamatkan oleh wudhunya (HR Ibnu Bisyran).

Selain itu, Imam Ibnu Sirin juga menjelaskan tafsir mimpi bertayamum.

ومن رأى أنه يتيمم فقد دنا فرجه وقربت راحته لأن التيمم دليل الفرج القريب من الله

Orang yang bermimpi tayamum itu pertanda sebentar lagi ia akan merasakan kelapangan hati dan bahagia. Tayamum itu tanda kelapangan hati yang akan terjadi dalam waktu dekat dari Allah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here