Tafsir Mimpi Sunat Menurut Islam

0
1764

BincangSyariah.Com – Sunat atau khitan merupakan fitrah bagi lelaki Muslim. Selain terdapat anjuran dalam agama, sunat bagi seorang Muslim pun baik menurut medis. Namun bagaimana jika sunat itu sampai terbawa mimpi? Ternyata tafsir mimpi sunat menurut Islam itu dijelaskan oleh Imam Ibnu Sirin dalam kitab Muntakhab al-Kalam fi Tafsir al-Ahlam. (Baca: Hukum Bermakmum pada Imam yang Belum Sunat)

فمن رأى كأنه اختتن فقد عمل خيرا طهره الله به من الذنوب وأحسن القيام بأمر الله ولو قال قائل إنه يخرج من الهموم لم يبعد

Orang yang bermimpi sunat itu pertanda ia akan melakukan perbuatan baik, Allah menyucikannya dari dosa, dan ia akan rajin melakukan perintah Allah. Jika ada yang berpendapat, orang itu akan keluar dari kegelisahan hati itu juga tidak jauh (dari kekeliruan).

Secara umum, berdasarkan paparan Ibnu Sirin di atas, orang yang bermimpi berkaitan dengan masalah sunat itu pertanda ia akan mendapatkan kebaikan dan selesai dari segala kegelisahan.

Tapi bagaimana jika kita mimpi sebaliknya? Artinya, kita mimpi belum sunat. Terkait hal ini, Imam Ibnu Sirin menjelaskan sebagai berikut:

فإن رأى كأنه أقلف، فإن القلفة زيادة مال ووهن في الدين وهذه الرؤيا تدل على أن صاحبها يترك الدين لأجل الدنيا

Jika seseorang bermimpi belum sunat, kulup (kulit khitan) itu pertanda bertambah harta, namun lemah dalam agama. Hal ini menunjukkan bahwa pemilik kulup tersebut itu meninggalkan agama demi dunia.  

Selain itu, Imam Ibnu Sirin juga menjelaskan tafsir mimpi terkait mimpi sunat dan mengeluarkan darah banyak.

فإن رأى أنه اختتن فسال منه دم كثير خرج عن ذنوبه وأقبل على إقامة سنن رسول الله

Baca Juga :  Hukum Khitan Bagi Orang yang Baru Masuk Islam

Jika seseorang bermpim khitan dan mengeluarkan darah banyak itu pertanda ia akan mendapatkan pengampunan dosa dan fokus menjalankan sunah-sunah Rasulullah.

Wallahu a’lam bis showab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here