Tafsir Mimpi: Mimpi Burung Perkutut, Pertanda Apa?

2
3115

BincangSyariah.Com – Dalam sebuah majelis atau pengajian yang diampu oleh ustaz Abdul Hadi al-Hafiz mengaji kitab Hayatul hayawanil kubro. Bertemu dengan bab yang menerangkan tentang mimpi burung perkutut atau burung Qomari.

Ustaz Abdul Hadi al-Hafiz yang waktu itu mengajar kami menjelaskan bahwasanya mimpi itu tidak boleh diartikan sembarangan tanpa dasar pengetahuan ilmu agama yang kuat. Jadi, jangan asal curhat dengan seseorang prihal mimpimu, takutnya, orang tersebut tidak punya kapasitas untuk menafsirkan mimpimu itu dan akhirnya diartikan jelek, ujarnya ketika kami mengaji.

Lantas, pertanda apakah ketika ada orang yang bermimpi burung perkutut? Berikut ulasan menarik yang dikutip dari kitab Hayatul hayawanil kubro juz 2 hal. 352

حياة الحيوان الكبرى 2/ 353

التعبير: القمرية في المنام امرأة دينة، وقيل: القمري رجل قارىء لقصائد الشعر طيب الحنجرة. وقالت اليهود: من رأى قمريا أو بلبلا، أو ما أشبه ذلك، نال خيرا، وإن كان له مسافر قدم عليه، وإن كان في غم فرج الله تعالى عنه، وإن كانت له حاجة بعيدة قربت، ومن رأى هذه الأشياء، في زمن الربيع، قضيت حاجته، وإن رآها في غير زمن الربيع تأخرت حاجته إلى زمن الربيع. وتدل رؤيتها للحامل، على وضع ذكر. والله تعالى أعلم

“Mimpi berjumpa burung Qamari pertanda akan berjumpa/berjodoh dengan wanita yang baik agamanya. Dikatakan: Mimpi bertemu burung Qamari pertanda bertemu/berjodoh dengan lelaki yang pandai membaca syair sekaligus indah suaranya. Ada salah satu orang Yahudi yang berkata, ‘yang memimpikan burung Qamari, Bul bul atau sejenis (Yakni burung-burung sejenis perkutut) akan memperloh kebaikan. Apabila ia ada keluarga yang bepergian, maka akan kembali. Bila ia susah, Allah akan membahagiakannya. Apabila ia punya hajat tapi jauh, maka akan mendekat. Yang memimpikan burung-burung ini di musim semi (kalau Indonesia mungkin musim kemarau) keinginan/kebutuhannya akan dipenuhi/terkabul. Kalau memimpikannya di selain musim semi, maka kebutuhannya akan terkabul akhir sampai musim semi. Memimpikannyapun juga jadi pertanda lahirnya anak laki-laki bagi ibu yang mengandung”.

Wallahu a’lam

Baca Juga :  Lima Binatang yang Dijadikan Nama Surah Al-Qur'an


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here