Tafsir Mimpi Menyusui dan Menyusu dalam Literatur Islam

2
1566

BincangSyariah.Com – Menyusu merupakan hal lumrah yang hampir dialami setiap manusia pada waktu kecil. Namun bagaimana jika ternyata aktivitas menyusu dan menyusui itu sampai terbawa-bawa dalam mimpi ketika manusia itu sudah dewasa. Adakah tafsiran tersendiri? Imam Ibnu Sirin memaparkan beragam tafsiran mengenai mimpi menyusu dan menyusui sebagaimana berikut.

فمن رآى أنه يرضع فإنه ذل وحزن

Lelaki yang bermimpi menyusui itu akan mengalami kehinaan dan kesusahan.

ومن رأى أن أحدا يرضع من يديه فإنه يحبس. وقيل لا خير فيه المراضع ولا للمرضع

Lelaki yang bermimpi ada seorang lelaki lain yang menyusui di hadapannya itu akan dipenjara. Menurut riwayat lain, tafsirnya adalah tidak ada kebaikan bagi yang disusui dan menyusui.

وقال أبو سعيد الواعظ: من رأى أنه يرضع ثدي امرأة فإنه يمرض. وإن رأت ذلك امرأة كانت كبيرة أو صغيرة فإن الدنيا تنقبض عليها. وإن رأت أنها ترضع من ثديها لبنا فإنه ميراث من بيتها. وإن رأت امرأة أنها ترضع من ثدي رجل فلا خير فيه

Abu Said al-Wa‘ihz (pemberi mauizah) menyampakan: orang yang bermimpi menyusu (dari) puting susu seorang perempuan berarti akan sakit. Namun jika perempuan, baik dewasa maupun anak kecil, yang bermimpi demikian, maka urusan dunia akan menyusahkannya. Jika perempuan bermimpi menyusui itu akan mendapatkan warisan dari keluarganya. Tapi jika perempuan bermimpi menyusu dari puting susu lelaki itu tidak ada kebaikan sama sekali baginya.

وقال الكرماني: رؤيا الرضاع حصول مال، فإن كان من إنسان أو حيوان لا يؤكل لحمه فهو مال حرام وإن كان من حيوان يؤكل لحمه فهو مال حلال

Al-Kirmani menyampaikan bawah mimpi menyusu itu berarti akan mendapatkan harta. Jika mimpi menyusu pada manusia atau hewan yang tak boleh dimakan dagingnya itu berarti akan mendapatkan harta haram. Tapi bila mimpi menyusu dari hewan yang boleh dimakan dagingnya itu berarti akan mendapatkan harta halal.

Baca Juga :  Dengan Menjadi Pemaaf, Tubuh Anda Akan Sehat

وقال بعض المعبرين ومن رأى أنه يرضع من ثدي أمه فإنه يدل على حصول عز ومرتبة وكذلك إن رأى أن أمه ترضعه

Sebagian ahli tafsir mimpi menyampaikan bahwa orang yang bermimpi menyusu pada puting susu ibunya itu pertanda ia akan mendapatkan kemuliaan dan kedudukan. Begitupun bila ia bermimpi ibunya menyusuinya. Wallahu a‘lam bis showab.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here