Syekh Ibrahim bin Adham Zuhud Akibat Lihat Orang Disuapi Makanan oleh Burung

2
751

BincangSyariah.Com – Ibrahim bin Adham rahimahullah termasuk sebagian dari ulama sufi. Pada awalnya beliau adalah raja yang suka penuh dengan kemewahan. Suatu saat beliau pergi berburu. Saat mulai lapar, beliau membuka sebungkus roti. Belum dimakan, ternyata ada seekor burung yang menyambar makanannya. Burung itu lari ke sebuah jurang di atas gunung. Beliau terus mengejar burung gagak yang mencuri makanannya.

Betapa terkejutnya Ibarahim bin Adham saat burung itu menyuapi sesorang yang duduk dalam keadan terikat. Beliau bertanya perihal orang tersebut, mengapa bisa masuk jurang dengan terikat tali.

“Aku dirampok. Lalu aku dilemparkan ke dalam jurang ini. Selama 7 hari aku makan dari seekor burung gagak tersebut. Ia membawa makanan untukku”, kata orang yang berada dalam jurang.

Setelah kejadian tersebut, Ibrahim bin Adham langsung meninggalkan gaya hidupnya yang glamor. Beliau berjalan ke Makkah dengan tanpa bekal. Beliau sudah mantap dengan keyakinannya bahwa rezeki manusia sudah ada yang mengatur. Tugas manusia adalah tawakal kepada Allah Swt. Kisah ini dikutip dari kitab Al-Mawaidh Al-‘Ushfuriyyah.

Baca Juga :  Hukum Lomba Mengadu Suara Kicauan Burung

2 KOMENTAR

  1. […] BincangSyariah.Com – Sebagaimana disebutkan di dalam kitab Hilyah Al-Awliya wa Thabaqat Al-Asyfiya karya Abu Nu’aim Al-Isyfahaniy (w. 430 H), Ibrahim bin Adham bin Manshur bin Yazid bin Jabir Al-‘Ijli merupakan seorang raja Balkh—sebuah kerajaan yang terletak di Kota Khurasan—yang memilih meninggalkan gemerlap kemewahan istana untuk hidup zuhud. (Baca: Syekh Ibrahim bin Adham Zuhud Akibat Lihat Orang Disuapi Makanan oleh Burung) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here