Syaikh Ibnu Taimiyah, Sosok Ulama Hebat tapi Banyak yang Tak Suka

0
1204

BincangSyariah.Com- Jika dilihat penghargaan dan apresiasi ulama kepada beliau, cukuplah banyak. Misalnya al-Hafiz al-Mizzi, penulis kitab Tahdzibul Kamal yang menghimpun biografi para perawi yang ada dalam kutubus-sittah.  Beliau (al-Mizzi) menuliskan nama Syaikh Ibnu Taimiyah dengan sebutan Syaikhul Islam.

Sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Tajud Din al-Subki dalam kitab biografi yang beliau tulis, Tabaqath al-Syafi’iyyah al-Kubra, ketika menjelaskan biografi ayahandanya, Syaikh Taqiyuddin al-Subki, menyatakan bahwa Al-Hafiz al-Mizzi tidak menuliskan nama dengan sebutan Syaikhul Islam kecuali untuk tiga orang, yaitu: ayahnya (Staikh Taqiyuddin al-Subki), Syaikh Taqiyyuddin Ibn Taimiyyah, dan Syaikh Syamsuddin Ibn Abi Umar.

Secara tidak lansung, Syaikh Tajuddin al-Subki pun mengakui keistimewaan Syaikh Ibn Taimiyah, dengan menggelari beliau Syaikhul Islam, sekalipun Syaikh Ibnu Taimiyah merupakan rival dari ayahnya sendiri (Syaikh Taqiyyuddin al-Subki).

Imam Al-Dzahabi, seorang tokoh agung dalam sejarah Islam pun melalui tulisannya sangat mengagumi Syaikh Ibnu Taimiyah sembari menegaskan ketidak-makshuman seorang Ibn Taimiyah.

Beliau (Imam al-Dzahabi) menyatakan: sekiranya seorang Syaikh Ibn Taimiyah tidak bersikap keras kepada orang yang berbeda pendapat dengannya, sekiranya Syaikh Ibnu Taimiyah bersikap lembut, bermujamalah, niscaya orang-orang satu suara, sepakat  mengakui keilmuan dan kepahamannya, bahwa ia sosok yang pintar dan cerdas, yang kekeliruannya sedikit.

Agaknya apa yang diutarakan oleh Imam al-Dzahabi itu merupakan sunnatullah, bahwa setiap tokoh yang bersikap keras kepada rivalnya, maka akan ada orang-orang yang tak menyukainya.  Dan akan ada pula orang yang ikut tak suka karena ketidaksukaan dari orang semula.

Kenyataan ini pun kita temukan di negeri ini, lebih-lebih lagi dalam hal-hal yang terkait politik, bahkan seorang yang tetap lembut pada pihak yang berbeda pendapat dengannya pun masih tak lepas dari kenyataan ini.

Baca Juga :  Cara Nabi Berdakwah Pada Orang Awam

Fokus saya pada pelajaran dan apresiasi yang diutarakan oleh Imam Al-Dzahabi dari sosok Syaikh Ibn Taiymiyah, sekalipun banyak orang yang tidak suka terhadap Ibn Taimiyah, dahulu maupun saat ini. Allahumma sallimna, semoga Allah menyelamatkan kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here