Surah-Surah Al-Qur’an yang Tidak Diawali dengan Al

0
1320

BincangSyariah.Com – Kitab suci Al-Qur’an terdiri dari 114 surah dengan nama-nama yang berbeda. Namun, di kalangan masyarakat awam Indonesia masih banyak yang beranggapan bahwa nama surah-surah Al-Qur’an itu pasti didahului dengan Al.

Padahal tidak semua surah di dalam Al-Qur’an didahului dengan Al, khususnya surah-surah yang terdiri dari sebuah nama seperti surah Luqman bukan Alluqman dan Yunus bukan Alyunus, atau surah yang diawali dengan huruf muqatha’ah, seperti Shad dan Qaf.

Adapun nama-nama surah yang tidak didahului oleh al adalah sebagai berikut.

  1. Yunus

Surah Yunus a.s. termasuk jenis surah Makkiyyah (surah yang diturunkan sebelum Nabi saw. hijrah ke Madinah). Surah ini terdiri dari 109 ayat yang terdapat di dalam juz ke 11 dan surah urutan ke 10.

Dinamakan surah Yunus adalah disebabkan karena di dalamnya banyak dikisahkan tentang kisah Nabi Yunus a.s. Baik kisah yang berhubungan dengan kepribadian Nabi Yunus a.s. yang ditelan oleh ikan Paus atau kisah tentang kaumnya yang telah diselamatkan oleh Allah swt. dari azab  ketika mereka mau beriman dan bertaubat dengan benar.

  1. Hud

Surah Hud a.s. termasuk jenis surah Makkiyah yang terdiri dari 123 ayat. Surah yang berada pada juz 12 ini adalah surah urutan ke 11.

Dinamakan surah Hud a.d. adalah disebabkan karena surah ini mencakup kisah tentang Nabi Hud a.s. beserta kaumnya ‘Ad yang tertuang di dalam ayat 50-60.

  1. Yusuf

Surah Yusuf termasuk jenis surah Makkiyyah yang terdiri dari 111 ayat. Dinamakan surah Yusuf disebabkan karena di dalamnya terdapat kisah Nabi Yusuf a.s.

  1. Ibrahim

Surah Ibrahim termasuk jenis surah Makkiyyah yang terdiri dari 52 ayat. Dinamakan surah Ibrahim disebabkan karena di dalamnya mengisahkan tentang Nabi Ibrahim a.s. (bapaknya para nabi) pada ayat 35-41. Yakni beliau dan putranya Ismail membangun Baitul Haram serta berdoa kepada Allah swt. agar diberikan hidayah. Selain itu, Nabi Ibrahim a.s. juga berdoa agar dirinya dan keturunannya dijauhkan dari menyembah berhala dan dijadikan termasuk orang-orang yang mendirikan shalat.

  1. Maryam
Baca Juga :  Mengenal Enam Pencari Akhirat Menurut Syekh Muhammad Amin al-Kurdi

Surah Maryam termasuk surah Makkiyah yang terdiri dari 98 ayat. Surah ini terdapat di dalam juz 16. Dinamakan surah Maryam karena mengandung kisah kehamilan sayyidah Maryam hingga melahirkan Nabi Isa a.s. yang tanpa ayah atas izin Allah swt.

  1. Taha

Surah Thaha termasuk surah Makkiyyah yang terdiri dari 135 ayat. Dinamakan surah Thaha disebabkan karena dimulai dengan kata Thaha, yakni salah satu panggilan/nama Nabi Muhammad saw. Hal ini merupakan sebagai bentuk kemuliaan Nabi saw.

  1. Luqman

Surah Luqman termasuk jenis surah Makkiyyah yang terdiri dari 34 ayat. Surah yang terdapat di dalam juz ke 21 ini dinamakan surah Luqman karena di dalamnya mengandung kisah Luqman Al-Hakim yang mempunyai kata-kata bijak.

  1. Saba’

Surah Saba’ termasuk jenis surah Makkiyyah yang terdiri dari 54 ayat. Surah ini terdapat di dalam juz ke 22 dan urutan ke 34. Dinamakan Saba’ karena di dalamnya disebutkan tentang kisah Saba’. Saba’ adalah raja-raja Yaman. Allah swt. telah memberikan nikmat kepada mereka dengan kebun-kebun dan tanah-tanah yang subur, namun mereka mengkufuri nikmat tersebut (ayat 15-16)

  1. Fathir

Surah Fathir termasuk jenis surah Makkiyyah yang terdiri dari 45 ayat. Surah ini terdapat di dalam juz ke 22 dan menempati urutan surah ke 35. Dinamakan surah Fathir karena diawali dengan sifat Allah swt. ini, yakni fathir; Yang Maha Pencipta

10.Yasin

Surah Yasin termasuk jenis surah Makkiyyah yang terdiri dari 83 ayat. Surah ini terdapat di dalam juz ke 22 dan 23 dan menempati urutan surah ke 36. Dinamakan surah Yasin karena diawali/dibukan dengan huruf-huruf hijaiyyah ini (ya’ dan sin). Ada yang mengatakan bahwa maksudnya adalah panggilan ya insan (wahai manusia). Ada pula yang mengatakan bahwa maksud Yasin tersebut adalah Nabi Muhammad saw. dengan dalil ayat kedua disebutkan innaka laminal mursalin (sungguh Engkau wahai Muhammad adalah termasuk dari para utusan).

Baca Juga :  Tiga Macam Jenis Kisah di dalam Al-Qur'an

11. Sad

Surah Sad termasuk jenis surah Makkiyyah yang terdiri dari 88 ayat. Surah ini terdapat di dalam juz ke 23 dan menempati urutan surah ke 38. Dinamakan surah Shad karena surah ini dibuka/diawali dengan huruf Shad.

12. Gafir

Surah Gafir termasuk jenis surah Makkiyyah yang terdiri dari 85 ayat. Surah ini terdapat di dalam juz ke 24 dan menempati urutan surah ke 40. Dinamakan surah Gafir karena diawali dengan ayat bahwa Al-Qur’an itu diturunkan dari Allah yang Maha Gafirudz dzunub wa qaabilut taubah (pengampun dosa dan penerima taubat). Gafir adalah salah satu sifat Allah swt. dan termasuk dalam al-asma’ al-husna. Surah ini juga disebut surah Al-Mukmin karena mengandung kisah tentang mukminnya keluarga Fir’aun.

13. Fussilat

Surah Fussilat termasuk jenis surah Makkiyyah yang terdiri dari 54 ayat. Surah ini terdapat di dalam juz ke 24 dan menempati urutan surah ke 41. Dinamakan surah Fussilat karena dimulai dengan firman Allah swt. “Kitaabun Fussilat aayaatuhu…”

14. Muhammad

Surah Muhammad termasuk jenis surah Madaniyyah yang terdiri dari 38 ayat. Surah ini terdapat di dalam juz ke 26 dan menempati urutan surah ke 47. Dinamakan surah Muhammad karena di dalamnya menjelaskan tentang turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad saw.

15. Qaf

Surah Qaf termasuk jenis surah Makkiyyah yang terdiri dari 45 ayat. Surah ini terdapat di dalam juz ke 26 dan menempati urutan surah ke 50. Dinamakan surah Qaf karena diawali dengan huruf Qaf.

16. Nuh

Surah Nuh termasuk jenis surah Makkiyyah yang terdiri dari 28 ayat. Surah ini terdapat di dalam juz ke 29 dan menempati urutan surah ke 71. Dinamakan surah Nuh karena di dalamnya terdapat kisah tentang Nabi Nuh a.s. beserta kaumnya mulai dari awal dakwahnya sampai adzab angin Thaufan yang menimpa mereka.

  1. ‘Abasa
Baca Juga :  Ini Lima Perbedaan Hadis Qudsi dan Al-Qur’an

Surah ‘Abasa termasuk jenis surah Makkiyyah yang terdiri dari 42 ayat. Surah ini terdapat di dalam juz ke 30 dan menempati urutan surah ke 80. Dinamakan surah ‘Abasa karena dimulai dengan kata ‘Abasa’ yang berarti bermuka masam.

18. Quraisy

Surah Quraisy termasuk jenis surah Makkiyyah yang terdiri dari 4 ayat. Surah ini terdapat di dalam juz ke 30 dan menempati urutan surah ke 106. Dinamakan surah Quraisy karena untuk memperingatkan nikmat-nikmat Allah swt. yang telah diberikan kepada mereka di awal surah “Li Iilaafi Quraiisy….”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here